AYU SISWIANI, MARISA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 3 JOJO MEJOBO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (338kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SD 3 Jojo, (2) mendesskripsikan penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembanagn Teknologi pada siswa kelas IV SD 3 Jojo, dan (3) mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SD 3 Jojo. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti rangkaian pembelajaran, perubahan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Think Pair Share (TPS) adalah suatu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja sendiri dan bekerjasama dengan orang lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mata pelajaran IPS Kelas IV SD 3 Jojo dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS), (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas iV SD 3 Jojo dengan menerapakan model Think Pair Share (TPS), (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Kelas IV SD 3 Jojo dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS). Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 5 Jepang dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Sedangkat variabel terikat adalah asil belajar IPS siswa kelas IV SD 3 Jojo Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deksripsi kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada keterampilan mengajar guru dengan penerapan model Think Pair Share (TPS) pada siklus I 48,74% (cukup) menjadi 75,625% (baik) pada siklus II. Dengan peningkatan keterampilan mengajar guru juga berpengaruh kepada aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 48,75% (cukup) menjadi 75,625% (baik) pada siklus II. Peningkatan pada kedua aspek tersebut juga berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa materi transportasi yang cukup signifikan antara lain siklus I (52,64%) dan siklus II (75%). Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas IV SD 3 Jojo Mejobo Kudus. Berdasrkan pada hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Jojo Mejobo Kudus dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Jojo Mejobo Kudus materi transportasi. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Think Pair Share guru dapat memberikan waktu dan kepercayaan kepada siswa untuk mendiskusikan dan menyelesaikan tugas dengan cara dan pemahaman siswa masing-masing.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Imaniar Purbasari, M.Pd |
Kata Kunci: | TPS, Hasil Belajar, Teknologi Transportasi. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:03 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9305 |
Actions (login required)
View Item |