SEPTIYANI, SUSI (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBANTUAN DIORAMA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 BANDUNGREJO. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (405kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (124kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CTL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru berbantuan media diorama pembelajaran IPA kelas V SDN Bandungrejo 1. Berpikir kritis merupakan proses mental yang berperan dalam proses pemecahan masalah dengan menganalisis dan menginterpretasikan data konsep ilmiah. CTL merupakan pembelajaran yang mengkaitkan pembelajaran dengan konteks nyata pada kehidupan sehari-hari. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru berbantuan media diorama pembelajaran IPA kelas V SD Bandungrejo 1. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Bandungrejo 1 dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran CTL dan media diorama, sedangkan variabel terikatnya yaitu berpikir kritis siswa. Instrumen penelitian ini wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal pelajaran IPA pada materi daur air yang cukup signifikan antara siklus I (55,40%) dan siklus II (77,43%), didukung dengan peningkatan berpikir kritis siswa ranah afektif pada siklus I 63,28% (cukup) menjadi 75,15% (baik) pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa ranah psikomotorik mengalami peningkatan pada siklus I 57,94% (cukup) menjadi 77,14% (baik) pada siklus II. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 61,87% (baik) menjadi 81,87% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru pada materi daur air kelas V SDN 1 Bandungrejo Demak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Bandungrejo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi daur air kelas V SDN Bandungrejo Demak. Saran yang dapat penulis sampaikan dalam menerapkan model CTL, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan atau latihan soal yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Sucipto, M.Pd. Kons |
Kata Kunci: | Berpikir Kritis, Contextual Teaching and Learning, Media Diorama |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:05 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9317 |
Actions (login required)
View Item |