PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 2 KALIPUTU

MUSLIMATUL HIDAYAH, LUFI (2018) PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 2 KALIPUTU. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Teams Games Tournament pada mata pelajaran PKn materi lembaga-lembaga negara dalam pemerintahan pusat.Model Teams Games Tournamentmerupakan salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswauntuk aktif, dan kreatif dimana para siswa berlomba sebagai wakil tim mereka dengan anggota tim lain dan mengandung unsur permainan. Media permainan monopoli merupakan salah satupermainan papan dan berkelompok yang yang bertujuan untuk menguasai semua petak. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Kaliputu dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Teams Games Tournament dan media permainan monopoli, sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan guru, aktivitas belajar, dan hasil belajar PKn materi lembaga-lembaga negara dalam pemerintahan pusat. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan monopoli meningkat setiap siklusnya. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 78,33% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 88,33% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 72,43% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 82,97% (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada prasiklus yaitu 35% (kurang), setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 70% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 80% (sangat baik). Hasil belajar ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase 69% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 81,13% (sangat baik). Hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase 70% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 81% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN2Kaliputu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan monopoli dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Santoso, M.Pd
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Permainan Monopoli, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:07
Last Modified: 22 Mar 2019 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9332

Actions (login required)

View Item View Item