MUSTAGHFIROH, ANITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (962kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (836kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (726kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (502kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk menemukan (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis, (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan media CD interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis, (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap keterampilan berpikir kritis, (4) pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media CD interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis, (5) perbedaan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw, Jigsaw berbantuan media CD interaktif, TGT dan TGT berbantuan media CD interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa SD di Kecamatan Gebog. Penelitian ini menggunakan empat kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif (1) Jigsaw, (2) Jigsaw berbantuan CD Interaktif, (3) TGT dan (4) TGT berbantuan CD interaktif. Populasinya adalah siswa kelas IV sekolah dasar di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji t dan anava satu jalan. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (17.347 > 2.040) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 5 % (p=0.000<0.05), (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media CD interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (18.025 > 2.015) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 5 % (p=0.000<0.05), (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap keterampilan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (17.077 > 2.032) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 5 % (p=0.000<0.05), (4) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media CD interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (13.815 > 2.064) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 5 % (p=0.000<0.05), (5) ada perbedaan tidak signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw, Jigsaw berbantuan media CD interaktif, TGT dan TGT berbantuan media CD interaktif. Hal ini dibuktikan F test > F tabel (0.199 > 0.12) dan setelah diuji post hoc test semua hasil nilai sig lebih dari 5 % artinya sama baiknya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Keterampilan Berpikir Kritis, Media CD Interaktif, Kooperatif Jigsaw, Kooperatif TGT. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:09 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9356 |
Actions (login required)
View Item |