RAHAYU, LINDA (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARANTALKING STICK SISWA KELAS V SD 1 NGIYONO. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (462kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (245kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarranahkognitif,afektif, danpsikomotorsiswamelalui model pembelajaranTalking Stickpadamatapelajaran IPS ProklamasiKemerdekaan Indonesia Kelas V SD 1 Ngiyono. Prestasibelajaradalahkompetensisiswadalamsuatumatapelajaranbaikdarisegikognitif, afektif, danpsikomotor yang didapatkansetelahmempelajarimateridanmelakukanevaluasiberupasoal-soaldenganbobotnilai yang telahditentukan. Prestasibelajarsiswatersebutdapatdinyatakandalambentukangkamaupunhuruf. Model Talking Stick termasuksalahsatu model pembelajarankooperatifdimana guru memberikantongkatkepadasiswauntuk di putarsecarabergiliran sambil bernyanyi, kemudiansiswa yang memegangtongkatsetelah guru mengatakan Stop, makasiswatersebutharusmenjawabpertanyaan yang diberikanoleh guru. Materi IPS yang di kajidalam materiProklamasiKemerdekaan Indonesia. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpeningkatanprestasibelajarranahkognitif, afektif, danpsikomotorpadamatapelajaran IPS materiProklamasiKemerdekaan Indonesia siswakelas V SD1 Ngiyono. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandikelas V SD 1 Ngiyonodengansubjekpenelitian 16 siswa. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus yang menggunakandesainKemmisdanMc.Tagartdenganmelaluiempattahapanperencanaan, pelaksanaan, pengamatanan, danrefleksi. Variabel bebasdalampenelitianiniadalahprestasibelajarranahkognitif, afektif, danpsikomotor IPS siswakelas V SD 1 Ngiyono. Metodepengumpulan data meliputiobservasi, wawancara, tes, dandokumentasi. Analisis data yang digunakanmerupakan data kuantitatifdan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD 1 Ngiyono pada materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 70,45% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 90,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I sebesar 65% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 89,1% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD 1 Ngiyono.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ika Oktavianti, M.Pd |
Kata Kunci: | PrestasiBelajar, Talking Stick, IPS. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:10 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9358 |
Actions (login required)
View Item |