PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DI KELAS V SDN LANGENHARJO 02 PATI

SEPTIANA, AVIF (2018) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DI KELAS V SDN LANGENHARJO 02 PATI. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
1. HALAMAN PENGESAHAN PDF.pdf - Accepted Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
2. SKRIPSI BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
3. SKRIPSI BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
4. SKRIPSI BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
5. SKRIPSI BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
6. SKRIPSI BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
7. SKRIPSI BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
8. LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk emningkatkan hasil belajar siswa kelas V baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik dan keterampilan guru dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Think Pair share merupakan model pembelajaran yang efektif yang dilakukan dengan cara diskusi secara berpasangan untuk membantu proses belajar siswa dalam kelas, agar siswa saling menuangkan ide-ide yang ada dalam pikirannya untuk memecahkan suatu masalah dan saling membantu antar siswa dalam satu kelompoknya. Hipotesis penelitian ini menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SDN Langenharjo 02 Pati yang dilihat dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Langenharjo 02 Pati pada kelas V , dengan subjek penelitian 34 siswa, terdiri dari 12 siswi perempuan dan 22 siswa laki-laki. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklusnya 2 kali pertemuan , setiap pertemuan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think pair Share, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi bentuk-bentuk keputusan bersama. Metide pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan tes diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian siklus I pada ranah kognitif pada siklus I diperoleh ketuntasn klasikal siswa sebesar 47,05% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,23% . Hasil afektif siswa pada siklus I diperoleh persentase klasikal sebesar 66,26%dan meningkat pada siklus II menjadi 81,25%. Dan pada ranah psikomotorik pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar71,05% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,03%. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mencapai persentase sebesar 73,5%pada siklus I, dan meningkat pada siklus II menjadi 86,5% Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi bentuk-bentuk keputusan bersama,dengan baik. Dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa kelas V SDN Langenharjo 02 Pati. Maka dari itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share, guru menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif sehingga siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran, dan pembelajaran lebih menyenangk

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtomo, M.Pd.
Kata Kunci: Model Think Pair Share, Hasil Belajar PKn, Bentuk-bentuk keputusan Bersama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:10
Last Modified: 22 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9363

Actions (login required)

View Item View Item