FATMALA, IMMA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS III SD N 3 SAMBIROTO DEMAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (324kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (239kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada materi menulis puisi kelas III SD N3 Sambiroto Demak. Keterampilan menulis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada dalam pikiran dan perasaan dalam bentuk bahasa tulis untuk disampaikan kepada pembaca atau penerima pesan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas III SD N3 Sambiroto Demak dengan subjek penelitian 22 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model picture and picture danmedia kartu bergambar, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa keterampilan mengajar guru pada siklus I mendapat skor total 40,5 dengan persentase 72,32% dengan kriteria cukup dan hasil siklus II mendapat skor total 52,5 dengan persentase 93,75% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa dilihat dari indikator pencapaian juga mengalami peningkatan, yakni pada siklus I mendapat skor rata-rata 44,87 dengan pencapaian 50,99% dengan kriteria cukup dan siklus II diperoleh skor rata-rata 76,37 dengan pencapaian 86,79% dengan kriteria sangat baik. Keterampilan menulis puisi siswa meningkat, pada siklus I ketuntasan klaksikal 36,36% dan pada siklus II ketuntasan klaksikal mencapai 95,45% dengan kriteria ketuntasan belajar minimal ≥75. Simpulan penelitian ini adalah penerapkan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilanmenulis puisi siswa kelas III SD N3 Sambiroto Demak. Saran peleiti yaituhendaknya guru menerapkan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaranyang terbaru dan inovatif sesuai dengan materi pembelajaran sehingga siswa akan berpartisipasi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu bergambar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Keterampilan Menulis Puisi, Model Pembelajaran Picture and piture, Media Kartu bergambar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:58 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9365 |
Actions (login required)
View Item |