INTAN PERMATASARI, PUTRI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD N 3 BESITO. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HAL. Judul.pdf - Accepted Version Download (367kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (113kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD N 3 Besito pada tema Indahnya Kergaman di Negeriku muatan mata pelajaran IPS dan PPKn. Hasil belajar yang didiskripsikan terdiri dari hasil belajar sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil belajar merupakan pencapaian siswa setelah melakukan kegiatan belajar sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh guru, tingkat keberhasilan yang terdiri 3 ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para siswa belajar berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Puzzle merupakan media pembelajaran berupa potongan-potongan gambar yang disusun hingga berbentuk menjadi gambar utuh. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Tematik kelas IV SD N 3 Besito. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N 3 Besito. Subyek penelitian ini adalah 19 siswa dan seorang guru yang berlangsung selam dua siklus, setaip siklus terdiri dari tiga pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang mulanya diperoleh persentase pada siklus I 75% dan mengalami peningkatan pada siklus II 84,3%. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II yaitu mengalami perubahan baik pada siswa yang berinisial ASS, sedangkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif pada muatan IPS diperoleh persentase klasikal 36,84%, siklus I 68,42% dan siklus II 94,73%, sedangkan pada prasiklus pada muatan PPKn diperoleh persentase klasikal 26,31%, siklus I 57,89%, dan siklus II 89,47%. Hasil belajar pada ranah psikomotorik muatan IPS siklus I diperoleh persentase klasikal sebesar 68,42% dan siklus II pada muatan IPS 89,47%, sedangkan psikomotorik pada muatan PPKn siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal 68,42% dan siklus II pada muatan PPKn 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 3 Besito dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SD N 3 Besito.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Tematik, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Puzzle. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:12 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9378 |
Actions (login required)
View Item |