ZULIA ROHMAH, MAULIDA (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD 3 PEGANJARAN. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (690kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (88kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match pada pembelajaran subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kelas IV SD 3 Peganjaran. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang menuntut siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran,baik kegiatan fisik maupun mental. Kedua kegiatan tersebut harus saling berkesinambungan. Model pembelajaran Make A Match merupakan suatu model yang dapat melatih aktivitas fisik maupun mental anak melalui aktivitas bermain dengan mencari pasangan kartu soal dan kartu jawaban. Materi dalam subtema indahnya keragaman budaya negeriku muatan pelajaran IPS dan PPKn yang dikaji dalam penelitian ini adalah materi tentang keragaman budaya Indonesia dan karakteristik individu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar siswa pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku kelas IV SD 3 Peganjaran dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 13 siswa. Penelitian ini akan berlangsung selama dua siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Teggart. Tahapan pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match, sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas belajar siswa kelas IV SD 3 Peganjaran. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dandata kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 69% dengan kriteria baik, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85% dengan kriteria sangat baik; (2) Keterampilan guru pada siklus I rata-rata persentase yang diperoleh sebesar 76% dengan kriterian baik, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase diperoleh sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru SD 3 Peganjaran. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa lebih memperhatikan guru ketika proses pembelajaran berlangsung, percaya diri dan berani untuk menyampaikan pendapat serta bekerjasama dengan aktif dalam diskusi. Bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya menerapkan model pembelajaran yang variatif seperti model pembelajaran Make A Match. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi kelas dan karakteristik siswa. Bagi sekolah penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk menggunakan model pembelajaran yang inovatif demi kemajuan dan prestasi sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Imaniar Purbasari, S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Aktivitas Belajar Siswa, Make A Match, Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:56 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9385 |
Actions (login required)
View Item |