PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 5 KANDANGMAS

Sakti Prabowo, Siddhi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 5 KANDANGMAS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Talking Stick dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SD 5 Kandangmas Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku berupa kemampuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh siswa setelah ia menerima perlakuan dari guru. Talking Stick (tongkat berbicara) adalah metode yang digunakan untuk mengajak semua orang berbicara atau menyampaikan pendapat dalam suatu pertemuan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 5 Kandangmas Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 5 Kandangmas Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Talking Stick meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dengan persentase 68,175% menjadi 82,68%. %. Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 69,4% menjadi 79,2%.Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 68,32%menjadi 82%, ranah psikomotrik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 67,61% menjadi 83,92%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SD 5 Kandangmas Kudus.Saran dalam penelitian ini,guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:55
Last Modified: 04 Jan 2019 02:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

View Item View Item