PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIA KARTU INFORMASI UNTUK PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SDN 1 BANDUNGREJO DEMAK

WIDYA PANGESTIKA, AIRIN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIA KARTU INFORMASI UNTUK PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SDN 1 BANDUNGREJO DEMAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 1 Bandungrejo Demak dan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan media kartu informasi. Model pembelajaran Inside Outside Circle adalah model yang dimana satu kelas terdiri dari lingkaran dalam dan lingkaran luar yang saling berpasangan dan saling bertukar informasi. Kartu informasi disini digambarkan sebagai kartu yang informasi baik berupa gambar maupun tulisan. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Hipotesis tindakanyang diajukan adalah terjadinya peningkatan keterampilan guru dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Bandungrejo Demak dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan media kartu informasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Bandungrejo Demak dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Inside Outside Circle dan media kartu informasi, sedangkan variabel terikatnya yaitu pembelajaran muatan IPS dan muatan Bahasa Indonesia yang terdiri dari keterampilan guru dan prestasi belajar siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi dan lembar observasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai prestasi belajar subtema 1 ketuntasan klasikal siklus I sebesar 75 (42%) dan meningkat pada siklus II ketuntasan klasikal 78 (43,9%). Prestasi belajar ranah pengetahuan siswa pada siklus I sebesar 75 (baik) dan pada siklus II sebesar 81,5. Prestasi belajar ranah psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 68,58 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 78,82 (baik). Keterampilan guru siklus I sebesar 81 (baik) dan pada siklus II sebesar 87 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Bandungrejo 1 Demak dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inside Outside Circle dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada subtema organ gerak hewan muatan IPS dan Bahasa Indonesia, serta dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola kelas. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model Inside Outside Circle sebagai solusi untuk meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin,M.Pd
Kata Kunci: Inside Outside Circle, Kartu Informasi, Prestasi Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:52
Last Modified: 04 Jan 2019 02:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item View Item