JANNAH, ASFIYATUL (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMADAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS DAN BAHASA INDONESIAKELAS IV SD N 02 PESAGI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
hal depan.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (221kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berbantu permainan ular tangga pada Tema daerah Tempat Tinggalku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 02 Pesagi dengan subjek penelitian guru dan 26 siswa yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap satu siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dan permainan ular tangga, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia dan keterampilan mengajar guru.Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan, pada keterampilan guru pengelolaan pembelajaran model Contextual Teaching Leraning siklus I 74,16% (baik) menjadi 88,75% (sangat baik) siklus II. Ketuntasan belajar siswa aspek pengetahuan yang cukup signifikan muatan IPS antara siklus I 61,5% (cukup) dan siklus II 80,7% (baik), muatan Bahasa Indonesia antara siklus I 57,6% (cukup) dan siklus II 76,9% (baik), didukung dengan peningkatan keterampilan siswa muatan IPS pada siklus I 65,10% (baik) menjadi 82,45% (baik) siklus II, muatan Bahasa Indonesia pada siklus I 68,37% (baik) menjadi 81,86% (sangat baik) siklus II. Penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema daerah Tempat Tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 02 Pesagi. Disarankan guru menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berbantu permainan ular tangga, sehingga prose pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Contextual Teaching Learning, Permainan ular tangga, Hasil Belajar, Tema Daerah Tempat Tinggalku |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:50 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9402 |
Actions (login required)
View Item |