Ulal Amik, M. (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW BERBANTUAN MEDIA KLIPING SISWA KELAS IV SDN 03 SOWAN LOR JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
COVER SKRIPSI.pdf - Accepted Version Download (513kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV(1).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V(1).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Accepted Version Download (182kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ3R berbantuan media kliping dan menemukan peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SDN 03 Sowan Lor Jepara yang dijabarkan sebagai berikut: 1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia membaca intensif menggunakan metode SQ3R berbantuan media kliping . 2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbantuan media kliping. 3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif siswa menggunakan metode SQ3R berbantuan media kliping. Membaca bertujuan untuk memperoleh informasi dari sumber tertulis. Membaca intensif merupakan salah satu kegiatan membaca yang dilakukan untuk menemukan informasi secara detail. Metode SQ3R merupakan metode yang sistematis yang terdiri dari Tahap Survey, Question, Read, Recite, Review. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan dikelas IV SDN 03 Sowan Lor Jepara dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebasnya adalah metode SQ3R berbantuan media kliping. Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan membaca intensif. Teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada prasiklus hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar 42% dengan kategori cukup. Pada siklus I persentase keterampilan guru sebesar 65%, kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 83%. Persentase hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 78%. Persentase ketuntasan keterampilan membaca intensif pada siklus I dengan hasil 50% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN 03 Sowan Lor Jepara dapat disimpulkan bahwa metode Survey, Question, Read, Recite, Review berbantuan media Kliping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Irafai Fathurohman,S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Keterampilan Membaca Intensif, Metode SQ3R, Media Kliping. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:42 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9411 |
Actions (login required)
View Item |