NURUS SYAMSIYAH, ZULIANA (2018) PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI KELAS V SD NEGERI DEGAN PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (476kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis siswa dalam materi deskripsi dengan penerapan model Team Asissted Individualization pada siswa kelas V SDN Degan Pati. Model Pembelajaran TAI merupakan model pembelajaran yang berusaha mengadaptasikan pembelajaran dengan perbedaan individual siswa secara akademik. Kearifan Lokal adalah keunggulan lokal. Deskripsi adalah wacana yang menjelaskan gambaran suatu objek senyata mungkin. Hipotesis penelitian ini adalaha terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis deskripsi.. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 siswa kelas V SDN Degan yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni penerapan model TAI berbasis kearifan lokal sedangkan variabel terikatnya keterampilan menulis deskripsi. Instrumen penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis deskripsi prasiklus (25%), siklus I (65%), siklus II ( 75%) dengan rata-rata nilai siswa prasiklus 61,1 menjadi 72,50 pada siklus I, dan 83,65 pada siklus II, didukung dengan persentase skor aktivitas siswa siklus I sebesar 72,36% (Baik) menjadi 83,74% (Sangat Baik) pada siklus II. Persentase skor keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 81,94% (Baik) menjadi 86,11% (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis dengan diterapkannya model pembelajaran TAI berbasis kearifan lokal pada siswa kelas V SDN Degan tahun pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar para guru mampu menginovasi model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Pembelajaran TAI, Kearifan Lokal, Keterampilan Menulis Deskripsi. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:41 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9412 |
Actions (login required)
View Item |