KURNIAWATI, NOVA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD N WIDOROKANDANG PATIMELALUI MODELPEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUANMEDIA KARTU SOAL BERGAMBAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (363kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (207kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Make A Matchberbantuan kartu soal bergambar. Penerapan model Make A Match yakni suatu pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar berkelompok dengan cara berpasang-pasang dengan temannya sendiri. Masing-masing siswa mendapatkan satu buah kartu yang berisi kartu soal ataupun kartu jawaban. Setelah masing-masing siswa mendapatkan kartu tersebut, mereka kemudian mencari pasangan kartunya.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD N Widorokandang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD N Widorokandang Pati dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variable bebas adalah model Make A Match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 70,83% dan siklus II sebesar 87,5% . Hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 51% dengan kualifikasi sedang dan siklus II sebesar 77,15% dengan kualifikasi tinggi. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I memporoleh ketuntasan klasikal 50,9% dengan kualifikasi sedang dan siklus II sebesar 77,25% dengan kualifikasi tinggi. Keterampilan guru megelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 51,9% dengan kualifikasi sedang menjadi 76,8% pada siklus II dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD N Widorokandang Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS.Untuk itu disarankan dalam penerapan model Make A Match, guru harus mempersiapkan dengan matang. Memeberikan soal-soal yang menantang untuk dipecahkan bersama. Mengatur alokasi waktu dengan sangat teliti disetiap langkah proses pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Make A Match, Hasil Belajar IPS, Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:37 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9421 |
Actions (login required)
View Item |