MUNAWAROH, ANIS (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD 1 MLATI KIDUL. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (415kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (215kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SD 1 Mlati Kidul dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD 1 Mlati Kidul dengan penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar. Model pembelajaran Make a Match adalah kegiatan belajar mengajar dengan cara siswa diminta mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan. Gambar di artikan sebagai salah satu media grafis yang paling umum digunakan dalam proses pembelajaran karena sifatnya konkret. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah belajar yang di wujudkan berupa kognitif, afektif, dan psikomotor. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadinya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 1 Mlati Kidul dan keterampilan mengajar guru dengan penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas V SD 1 Mlati Kidul. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Match dan media gambar, variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 67% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah afektif siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,61 % (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 84,5% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah psikomotor siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 69,76% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 80,42% (sangat tinggi). Keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siklus I sebesar 80,50% (sangat tinggi), meningkat menjadi 89,5% (sangat tinggi) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 1 Mlati Kidul materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia serta keterampilan mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., |
Kata Kunci: | Make a Match, Gambar, Hasil Belajar IPS, Keterampilan Mengajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:34 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9437 |
Actions (login required)
View Item |