PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANEXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL

ANDRIYANTO, DEDI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANEXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SD 4 Prambatan Kidul setelah menerapkan model Example Non Example. Model pembelajaran Example Non Example merupakan model yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk berpikir kritis dengan jalan untuk memecahkan permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar, yang terdiri dari tahap 1: mempersiapkan gambar, tahap 2: menempel gambar, tahap 3: menganalisis gambar, tahap 4: diskusi kelompok, tahap 5: presentasi, tahap 6: penjelasan materi, tahap 7: kesimpulan. Sedangkan hasil belajar IPS adalah hasil atau penilaian yang diterima oleh siswa dari proses pembelajaran IPS yang telah berlangsung dan diterima pada saat proses pembelajaran selesai dengan materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD 4 Prambatan Kidul. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian guru dan 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Example Non Example. Sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran yang terdiri dari keterampilan guru mengajar dan hasil belajar meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pada siklus I keterampilan guru memperoleh skor rata-rata 72 dengan persentase 72% dengan kategori cukup dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 87,5 dengan persentase 87,5% dengan kategori baik. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,54 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,57% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 79,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,15%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V 4 Prambatan Kidul disimpulkan bahwa melalui model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Ika Oktavianti, M.Pd
Kata Kunci: Example Non Example, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:34
Last Modified: 04 Jan 2019 01:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9438

Actions (login required)

View Item View Item