PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA RODA PECAHAN MATERI PECAHAN KELAS V SD N BANYUURIP REMBANG

DHUROTUN NASHIKHAH, SITI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA RODA PECAHAN MATERI PECAHAN KELAS V SD N BANYUURIP REMBANG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media roda pecahan (1)meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, (2)meningkatkan keteramplan guru mengajar, dan (3)meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD N Banyuurip Rembang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Banyuuripyang berjumlah 22 siswa 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan dan peneliti sebagai guru. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yaitu terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini yaitu model Think-Pair-Share (TPS) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan teknik non tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu meliputi teknik analisis data kuantitatif dan teknik analissi data kualitatif Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai tes kemampuan komunikasi matematis pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan berbeda yang cukup signifikan antara siklus I dan siklus II. Hasil nilai rata-rata klasikal pada siklus I yaitu 76 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 82. Kemudian hasil observasi keterampilan mengajar guru melalui Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media roda pecahan juga mengalami peningkatan pada siklus I 80% (tinggi) menjadi 91% (sangat tinggi). Serta hasil observasi aktivitas belajr siswa pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan yaitu 74% (sedang) siklus I menjadi 80% (tinggi) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa melalui model Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media roda pecahan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis materi pecahan pada kelas V SD N Banyuurip Rembang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media roda pecahan dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar, kemampuan komunikasi matematis, dan aktivitas belajar siswaSaran untuk penelitian ini guru dapat menerapkan model Think-Pair-Share (TPS) beserta media roda pecahan yang lebih inovatif, supaya siswa ketika pembelajaran dapat mengikuti dengan penuh semangat dan dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Think-Pair-Share (TPS), Media Roda Pecahan, Pecahan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:22
Last Modified: 04 Jan 2019 01:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9450

Actions (login required)

View Item View Item