KUMALA SARI, NIKEN (2018) PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN LANGENHARJO 01 KEC. MARGOREJO KAB. PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (445kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (102kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru dengan menerapkan model Example Non Example pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan perana tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Model Example Non Example merupakan pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Pembelajaran ini bertujuan untuk mendorong siswa untuk belajar kritis dengan memcahkan permasalahan-permasalahanyang termuat dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Media Visual merupakan media grafis atau gambar, penggunaan media gambar dilakukan dengan menampilkan gambar-gambar melalui layar LCD dengan memperhatikan urutan tampilan gambar. Hasil Belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihatdari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah Aktivitas Belajar Siswa, Keterampilan Mengajar Guru dan Hasil Belajar IPS, diharapkan pada penerapan Example Non Example pada siswa kelas V SDN Langenharjo 01 dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN Langenharjo 01 dengan subjek penelitian 25 siswa dan guru. penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dalam setiap siklus ada dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Example Non Example, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 78% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 83% (Sangat Baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 73,06% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 81,12% (Sangat Baik). Hasil balajar kognitif prasiklus persentase ketuntasan 52% dengan rata-rata kelas 69,4% meningkat pada siklus I sebesar 76% dengan rata-rata 75 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 84% dengan rata-rata kelas mencapai 76,44. Hasil belajar afektif
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Sucipto, M.Pd, |
Kata Kunci: | Model Example Non Example, Hasil Belajar IPS. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:22 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9451 |
Actions (login required)
View Item |