MAULA SUFA, EVY (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE AND EXPLAIN BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 2 JOJO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (214kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Predict Observe and Explain (POE) berbantuan media diorama untuk meningkatkan berpikir kreatif, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V materi daur air. Model pembelajaran POE adalah salah satu model pembelajaran yang inovatif dimana siswa akan melakukan kegiatan memprediksi (predict) terhadap suatu peristiwa, kemudian melakukan pengamatan maupun percobaan (observe) untuk membuktikan kebenaran prediksinya, pada langkah terakhir siswa akan mempresentasikan (explain) hasil pengamatan dan memberikan penjelasan tentang kesesuaian antara prediksinya dengan hasil pengamatan. Berpikir kreatif adalah kegiatan menemukan jawaban, metode atau cara-cara baru dalam menanggapi atau memecahkan suatu permasalahan. Beberapa langkah model pembelajaran POE seperti kegiatan memprediksi akan membantu siswa untuk meningkatkan berikir kreatif karena pada tahap tersebut siswa akan didorong untuk mengungkapkan gagasannya. Media diorama akan sangat membantu dalam mempelajari materi daur air. Selain itu media diorama dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Jojo dengan subyek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. variabel terikat dalam penelitian ini adalah berpikir kreatif, sedangkan variabel bebasnya adalah model POE berbantuan media diorama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi Hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 71,81% (baik) meningkat menjadi 78,32% (baik) pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memeproleh presentase 73,61% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 85,42% (baik). Berpikir kreatif siswa pada siklus I memperoleh presentase 65,18% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 76,34% (baik). Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model POE berbantuan media diorama dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan berpikir kreatif siswa pada materi daur air kelas V SDN 2 Jojo. Saran dalam penelitian ini yakni guru hendaknya menerapkan model pembelajaran POE dengan menggunakan media yang dapat meningkatkan aktivitas siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Berpikir Kreatif, Predict Observe and Explain, Diorama |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:22 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9452 |
Actions (login required)
View Item |