UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IVSDN 1 PAYAMAN KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS

Kusuma Ningrum, Winda (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IVSDN 1 PAYAMAN KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dikhususkan pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Model Numbered Head Together merupakan suatu model pembelajaran berkelompok dengan setiap anggota kelompoknya memakai nomor dikepala dan setiap siswa mendapatkan soal dan menjawab sehingga tidak ada pemisahan antara siswa satu dengan siswa yang lain. Hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan meliputi aspek sikap, pengetahuan, keterampilan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Payaman. Penilitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dikelas IV SDN 1 Payaman dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini akan berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Numbered Head Together, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil belajar siswa pada penelitian siklus I muatan IPS memperoleh rata-rata kelas 72,14 dengan persentase siswa tuntas 64,28% sedangkan muatan Bahasa Indonesia memperoleh rata-rata kelas 73,03 dengan persentase siswa tuntas 64,28%. Meningkat pada siklus II muatan IPS memperoleh rata-rata kelas 80,17 dengan persentase siswa tuntas 85,71% sedangkan muatan Bahasa Indonesia memperoleh rata-rata kelas 80,35 dengan persentase siswa tuntas 89,28%. Keterampilan guru siklus I rata-rata 57,77% dan meningkat siklus II 79,99%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Payaman tema 1 indahnya kebersamaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Numbered Head Together, Hasil Belajar Tema 1 Indahnya Kebersamaan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:22
Last Modified: 04 Jan 2019 01:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9453

Actions (login required)

View Item View Item