RAMADHANI, ALFIYAH (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WAYANG TOKOH DI KELAS V SDN SUKOHARJO 01 PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal depan)
halaman depan SKRIPSI.pdf - Accepted Version Download (434kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB 1 tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III tumpuk1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA tumpuk.pdf - Accepted Version Download (146kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran tumpuk .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Make a match berbantuan media Wayang Tokohdalam meningkatkan pemahaman konsep IPS Materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda.Model Pembelajaran Make a Match merupakan pembelajaran yang dikembangkan oleh Lorna Curran untuk mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dengan suasana yang menyenangkan.Dalam penelitian ini penerapan model Make a Matchdifokuskan pada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda. Media Wayang Tokoh merupakanmedia permainan tentang gambar perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang dikemas dalam cerita petualangan yang menarik. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Dalam penelitian ini penerapan model make amatchdifokuskan pada materi IPS perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang mengutamakan mencari pasangan. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanhasilbelajar IPS siswapadamateriperjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahanjepangdanbelandayaitupadaranahkognitifsiklus I (28,1%) siklus II menjadi (78,1%), ranahafektifsiklus I (45,23%) menjadi (75,23%) padasiklus II, ranahpsikomotoriksiklus I (74%) menjadi (90,31%) padasiklus II. Peningkatantersebutdidukungketerampilan guru dalammengelolapembelajaransiklus I (73%),menjadi siklus II (84%) melalui model pembelajaran make a matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS materiperjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahanjepangdanbelandakelas V SDN Sukoharjo01 Pati. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas V SDNSukoharjo 01 Patidapatdisimpulkanbahwapenggunaan model make a matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS materiPerjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahandimasajepangdanbelandakelas V SDN Sukoharjo01 Pati. Penelitimenyarankandalampembelajaranmenggunakan model pembelajaranmake a matchdanmenggunakan media denganbaik agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Deka Setiawan, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Make a Match, Media Wayang Tokoh, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:21 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9454 |
Actions (login required)
View Item |