ZULAIKHO, ULYA HIMAWATI (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN METODE EKSPERIMEN UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI CAHAYA KELAS V SD 3 MEJOBO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (432kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB 3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB 6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (393kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model contextual teaching andlearning berbantuan metode eksperimen untuk peningkatan kreativitas siswa padamateri cahaya kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Kreativitas siswa yakni menciptakan suatu karya, atau gagasan yang baru yang berdasarkan materi yang sedang dipelajari. Contextual Teaching AndLearning adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materiyang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam pembahasan materinya melalui percobaan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini aalah kreativitas siswa dapat meningkat dalam penerapan model CTL berbantuan dengan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini sudah dilaksanakan di kelas V SDN 3 Mejobo dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus , setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model CTL berbantuan dengan metode eksperimen. Sedangkan variabel terikat adalah kreativitas siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada siklus I dan siklus II. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 84% kriteria baik meningkat menjadi 85% kriteria sangat baik pada siklus II. Kreativitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 68,4% kriteria cukup meningkat menjadi 78% kriteria tinggi pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa kreativitas siswa dapat ditingkatkan melalui model CTL berbantuan dengan metode eskperimen dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD 3 Mejobo dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL berbantuan dengan metode eskperimen dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Peneliti berharap agar penerapan model CTL berbantuan dengan metode eskperimen dapat digunakan dan dikembangkan guna untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata-kata Kunci: Cahaya, CTL, Metode Eksperimen, Kreativitas Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 01:47 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 01:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9468 |
Actions (login required)
View Item |