PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V SD N 02 DONGOS JEPARA

Zulfa, Inta (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V SD N 02 DONGOS JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerepan model pembelajaran Problem Based Learning dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V SD N 2 Dongo Jepara. Hasil belajar siswa merupakan perilaku setelah mengalami kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Problem Based Learning merupakan strategi ideal untuk menambah wawasan pemikiran siswa, dengan pembelajarannya yang dipusatkan pada penyelesaian masalah, diharapkan siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi keputusan bersama bagi siswa kelas V SD 2 Dongos Jepara. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N 2 Dongos Jepara dengan subyek penelitian 22 siswa. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Problem Based Learning. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan hasil belajar rata-rata kelas pada siklus I 71,36 meningkat menjadi 77,5. (2) Keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada silklus I memperoleh nilai klasikal pada siklus I 6,68% atau sebesar 74 dengan kualifikasi “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 79,5% atau sebesar 87,7 dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa kelas V SD N 2 Dongos Jepara. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dan menumbuhkan sikap positif dalam bealajar agar dapat meraih hasil belajar yang baik. Bagi guru, hendaknya merencanakan model pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan model pembelajaran yang lain, sehingga kualitias pembelajaran dikelas meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Deka Setiawan, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Pkn, Keputusan Bersama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:16
Last Modified: 04 Jan 2019 01:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9478

Actions (login required)

View Item View Item