KHAMIDAH, NOOR (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA PADA IPS KELAS IV SD IT AL-KAUTSAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (363kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (124kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Make a match berbantuan media Flashcard dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa Materi Perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi kelas IV SD IT Al-Kautsar. Model Pembelajaran Make a Match merupakan pembelajaran yang dikembangkan oleh Lorna Curran untuk mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dengan suasana yang menyenangkan. Media Flashcard merupakan media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 8x12 cm dan disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi. Pemahaman konsep Merupakan Kemampuan untuk menyerap makna materi atau bahan yang telah dipelajari dan siswa juga dapat mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah secara luwes, akurat, dan tepat. Aktivitas Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan dalam diri siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD IT Al Kautsar dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini yaitu meningkatkan Pemahaman konsep dan aktivitas siswa, sedangkan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran model pembelajaran Make a Match dan Media Flashcard. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan aktivitas siswa yang mulanya pada prasiklus diperoleh persentase 41,18%, siklus I mencapai persentase 64,70%, pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 94,12%, aktivitas siswa pada siklus I mencapai persentase 73,53%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Hal ini membuktikan bahwa pemahaman konsep siswa dan aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan melalui Make a Match berbantuan media Flashcard pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi kelas IV SD IT Al Kautsar . Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD IT Al Kautsar, disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa dapat meningkat melalui Make a match berbantuan media Flashcard pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Oleh karena itu, disarankan guru lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Deka Setiawan, M.Pd, |
Kata Kunci: | Model Make a Match, Media Flashcard, Pemahaman Konsep, Aktivitas Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:14 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9490 |
Actions (login required)
View Item |