PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD 3 BULUNG KULON

WAFIROTUNNI’MAH, FIRDHA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD 3 BULUNG KULON. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD N 3 Bulung Kulon dengan diterapkannya model pembelajaran STAD berbantu media gambarmateri perkembangan teknologi.Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. STAD adalah kegiatan belajar mengajar dengan cara mengelompokkan siswa ke dalam kelompok kecil dengan level kemampuan akademik yang berbeda-beda saling bekerjasama untuk menyelesaikan lembar kegiatan. Media gambar adalah media visual termasuk foto, lukisan atau gambar, dan sketsa (gambar garis). Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah peningkatan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 3 Bulung Kulon dengan diterapkannya model pembelajaran STAD berbantu media gambar dalam pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV N SD 3 Bulung Kulon dengan subjek penelitian 27 siswa dan guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran STAD. Variabel terikat adalah hasil belajar dan dan keterampilan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 70% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 90% (Sangat Baik). Hasil belajar kognitif prasiklus persentase ketuntasan 40,74% degan rata-rata kelas 67,77 meningkat pada siklus I sebesar 70,37% (Baik) dengan rata-rata kelas 71,85 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 88,46 (Sangat Baik) dengan rata-rata kelas 86,54. Hasil belajar afektif siklus I memperoleh persentase 69,32% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,6% (Sangat Baik). Hasil belajar psikomotorik siklus I memperoleh persentase siklus 67,18% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 84,17% (Sangat Baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model STAD berbantu media gambar materi perkembangan teknologi dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 3 Bulung Kulon.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono
Kata Kunci: Model STAD, Media Gambar, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:13
Last Modified: 04 Jan 2019 01:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9492

Actions (login required)

View Item View Item