THE READING COMPREHENSION OF THE STUDENTS WITH DIFFERENT READING INTERESTS (A Study In SMA N 1 Tahunan Jepara)

NUR RAHMAYANTI, TIA (2018) THE READING COMPREHENSION OF THE STUDENTS WITH DIFFERENT READING INTERESTS (A Study In SMA N 1 Tahunan Jepara). Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam memahami sebuah teks atau cerita, ketertarikan membaca adalah elemen penting yang berefek pada kemampuan siswa dalam memahami cerita. Ketertarikan membaca dalam hal ini adalah ketertarikan membaca cerita dalam negeri dan ketertarikan membaca cerita luar negeri yang mana mereka dapat memahami keseluruhan verita atau mereka tidak dapat menangkap maksud dibalik cerita tersebut. Yang mana, fungsi dari ketertarikan membaca adalah untuk menarik perhatian siswa sehingga mereka dapat memahami cerita dengan baik. Berdasarkan pada pengalaman peneliti dalam mengikuti program pelatihan mengajar di SMA N 1 Tahunan Jepara, Buku pegangan yang mana digunakan oleh guru Bahasa Inggris berisikan banyak jenis cerita luar negeri yang asing bagi siswa dan sulit untuk dipahami oleh mereka. Berdasarkan situasi ini, penelitian ini membandingkan pemahaman membaca siswa antara siswa kelas sepuluh SMA N 1 Tahunan Jepara pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan ketertarikan membaca cerita dalam negeri dan ketertarikan membaca cerita luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang bermakna pada pemahaman membaca siswa anta siswa kelas sepuluh SMA N 1 Tahunan Jepara pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan ketertarikan membaca cerita dalam negeri dan ketertarikan membaca cerita luar negeri. Metode penelitian ini menggunakan desain kausal komparatif non eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMA N 1 Tahunan Jepara dengan guru dan mata pelajaran Bahasa Inggris Wajib yang sama. Sampel yang diambil berjumlah 60 siswa dengan ketertarikan membaca cerita dalam negeri dan ketertarikan membaca cerita luar negeri. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan formula nilai rata – rata, standar deviasi dan uji independen sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan ketertarikan membaca cerita dalam negeri memiliki nilai rata – rata 78,94 dengan standar deviasi 7,21 dan nilai ini dikategorikan baik. Sedangkan siswa dengan ketertarikan membaca cerita luar negeri memiliki nilai rata – rata 75,15 dengan standar deviasi 8,1 dan nilai ini dikategorikan cukup. Selanjutnya hasil uji independen sampel t-test dengan level signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 58 menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel (thit= 3.621 > ttab = 2.0017). Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan yang bermakna pada pemahaman membaca siswa antara siswa kelas sepuluh SMA N 1 Tahunan Jepara pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan ketertarikan membaca cerita dalam negeri dan ketertarikan membaca cerita luar negeri. Saran dari penelitian ini, guru diharapkan dapat memberi siswa lebih banyak cerita – cerita luar negeri untuk dibaca dan dipelajari. Siswa dapat mempelajari cerita – cerita luar negeri lainnya dan mereka dapat beradaptasi dengan cerita – cerita tersebut dan itu bisa menarik ketertarikan membaca mereka dengan cerita – cerita tersebut

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dra. Sri Endang Kusmaryati,
Kata Kunci: Kausal Komparative, pemahaman membaca, dan ketertarikan membaca.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:45
Last Modified: 02 Jan 2019 06:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9509

Actions (login required)

View Item View Item