THE VOCABULARY MASTERY OF THE TENTH GRADERS OF SMAN 1 PECANGAAN JEPARA AFTER HAVING GERAKAN LITERASI AS A PROGRAM OF READING HABIT

FADHILAH, FAJRINA (2018) THE VOCABULARY MASTERY OF THE TENTH GRADERS OF SMAN 1 PECANGAAN JEPARA AFTER HAVING GERAKAN LITERASI AS A PROGRAM OF READING HABIT. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Membaca adalah salah satu dari beberapa cara untuk meningkatkan kosa kata dan pengetahuan. Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita karena pengetahuan diperoleh melalui membaca.Oleh Karena itu, keterampilan ini harus dikuasai siswa dengan baik sejak dini.Tetapi pembelajaran dibeberapa sekolah belum dapat diwujudkan.Berdasarkan hal tersebut, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan gerakan literasi sekolah (GLS) yang melibatkan semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga satuan pendidikan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan and memotivasi para siswa untuk mempunyai kebiasaan membaca dengan aktivitas membaca setiap hari, dengan melakukan aktivitas ini, para murid akan mendapatkan banyak kosa kata and dapat memahami teks dengan baik. Meningkatkan kosa kata juga merupakan tujuan dari program ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguasaan kosa kata dan tanggapan siswa kelas sepuluh SMAN 1 Pecangaan Jepara setelah melakukanGerakan Literasi sebagai program dari kebiasaan membaca. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non-eksperimental.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMAN 1 Pecangaan Jepara pada tahun ajaran 2017/2018.Pada penelitian ini, penulis menggunakan tes dan kuesioner sebagai instrument penelitian. Hasil pada penelitian ini adalah: (1) penguasaan kosa kata pada siswa kelas sepuluh SMAN 1 Pecangaan Jepara berada di kategori baik. Dan nilai rata-ratanya adalah 71.81. (2) tanggapan siswa pada siswa kelas sepuluh SMAN 1 Pecangaan Jepara setelah melakukan Gerakan Literasi sebagai program dari kebiasaan membaca adalah baik. Berdasarkan tanggapan siswa, mereka berfikir bahwa Gerakan Literasi itu penting, tetapi pada Gerakan Literasi teks cukup sulit.Disamping itu, beberapa murid berfikir bahwa Gerakan Literasi membuat penguasaan kosa kata dan pemahaman membaca mereka meningkat. Tetapi, pada kemampuan bahasa Inggris yang lain seperti kemampuan menulis, kemampuan berbicara, dan kemampuan mendengarkan tidak dapat meningkat. Keismpulan pada penelitian ini adalah: (1) penguasaan penguasaan kosa kata pada siswa kelas sepuluh SMAN 1 Pecangaan Jepara berada di kategori baik. Itu dapat dilihat dari nilai rata-rata penguasaan kosa kata siswa yaitu 71.81. (2) tanggapan siswa kelas sepuluh tanggapan siswa pada siswa kelas sepuluh SMAN 1 Pecangaan Jepara setelah melakukan Gerakan Literasi sebagai program dari kebiasaan membaca adalah baik. Ini ditunjukkan dari banyaknya pertanyaan yang dijawab oleh murid dengan pilihan “ya”.Disamping itu, penulis juga menyediakan saran untuk guru, siswa, dan pembaca.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dra. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd
Kata Kunci: Penguasaan kosa kata, Gerakan Literasi, kebiasaan membaca.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:25
Last Modified: 02 Jan 2019 06:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9535

Actions (login required)

View Item View Item