WIDIASTUTI, SEFI (2018) THE VOCABULARY MASTERY OF THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD N 3 TLOGOWUNGU PATI IN ACADEMIC YEAR 2018/2019 TAUGHT BY USING REWARD-PUNISHMENT MONOPOLY GAME. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
CHAPTER 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
CHAPTER II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
CHAPTER III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
CHAPTER V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version Download (328kB) | Preview |
PDF (lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penguasaan kosakata adalah yang paling banyak dibutuhkan untuk pelajar muda. Siswa kelas lima SD N 3 Tlogowungu Pati tahun akademik 2018/2019 mempunyai masalah dalam menguasai kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya perbedaan antara penguasaan kosakata pada siswa kelas lima SD N 3 Tlogowungu Pati pada tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah menggunakan permainan hadiah-hukuman monopoli. Model penelitian ini adalah penelitin percobaan dengan menggunakan pre-tes dan pos-tes. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas satu sampai kelas enam SD N 3 Tlogowungu Pati tahun akademik 2018/2019 yang berjumlah 150 siswa. Sementara itu, sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 35 siswa. Data diambil dari tes menulis, setelah itu siswa diberi pre-tes , mereka diberi treatment selama 4 kali pertemuan, dan terakhir para siswa diberi pos-tes. Setelah mendapatkan data pre tes pos tes, peneliti mengolah data menggunakan t-tes untuk membuktikan perbedaan atas penguasaan kosakata siswa kelas 5 SD N 3 Tlogowungu Pati tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar permainan hadiah-hukuman monopoli. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai rata-rata dari penguasaan kosakata siswa sebelum diajar permainan hadiah-hukuman monopoli adalah 68.42 dan nilai rata-rata penguasaan kosakata setelah diajar permainan hadiah-hukuman monopoli adalah 84, dan t (hasil) adalah 8.19 ditingkat signifikasi α= 0.05 dan derajat bebas N-1, 35-1= 34, dan t tabel adalah 2.042 sedangkan t (hasil) menunjukkan angka 8.19 jatuh di daerah kritis. Sebab t (hasil) jatuh di daerah kritis, sehingga menunjukkan bahwa ada membuktikan perbedaan atas penguasaan siswa kelas lima SD N 3 Tlogowungu Pati tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar menggunakan permainan hadiah-hukuan monopoli. Jadi, permainan hadiah-hukuman monopoli efektif untuk siswa dalam mempelajari kosakata. Siswa juga lebih kreatif dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan motivasi siswa. Penulis menyarankan bagi guru-guru bahasa inggris dapat menggunakan permainan hadiah-hukuman monopoli dalam proses mengajar dikelas. Guru-guru bahasa inggris juga lebih inovatif dan kreatif untuk menciptakan situasi baru dalam mengajar siswa di kelas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Nuraeningsih, S. Pd. M. Pd |
Kata Kunci: | Penguasaan Kosa Kata, Permainan Hadiah-Hukuman Monopoly, Penelitian Ekperimental |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 06:18 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 06:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9538 |
Actions (login required)
View Item |