A COMPARATIVE STUDY OF STUDENTS’ ENGLISH ACHIEVEMENT WITH DIFFERENT SEATING POSITIONS

DWI NUR AINI, ESMA (2018) A COMPARATIVE STUDY OF STUDENTS’ ENGLISH ACHIEVEMENT WITH DIFFERENT SEATING POSITIONS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
.COVER - LIST OF FIGURES.pdf - Accepted Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
CHAPTER 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
CHAPTER II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
CHAPTER III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
CHAPTER V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Di dalam proses pembelajaran, posisi tempat duduk merupakan salah satu factor yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk berkonsentrasi dan untuk mendapatkan nilai terbaik. Dimanapun posisi tempat duduk siswa, baik di depan maupun di belakang adalah tempat yang dapat mereka pilih untuk mengikuti pembelajaran dengan baik ataupun untuk mengabaikan penjelasan guru. Padahal fungsi dari penataan tempat duduk di sini diatur sedemikian rupa agar siswa dapat memahami materi dengan mudah dan baik. Berdasarkan pengalaman penulis pada saat praktik mengajar di SMA N 2 Kudus, setiap kelas memiliki hak untuk berpindah posisi tempat duduk namun ada beberapa kelas yang menetap di posisi tempat duduk semula. Mereka tentunya berpikir bahwa metode ini bisa membantu mereka untuk dapat meningkatkan nilai belajar menjadi lebih baik. Dengan adanya kondisi ini, penelitian ini menganalisa perbandingan nilai bahasa Inggris antara siswa kelas sebelas SMA N 2 Kudus tahun ajaran 2017/2018 yang duduk di posisi depan dan belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang bermakna pada nilai bahasa Inggris antara siswa kelas sebelas SMA N 2 Kudus tahun ajaran 2017/2018 yang duduk di posisi depan dan belakang.Metode penelitian ini menggunakan desain kausal komparatif non eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA N 2 Kudus dengan guru dan pelajaran bahasa Inggris Peminatan yang sama. Sampel yang diambil berjumlah 56 siswa yang duduk di posisi depan dan belakang. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan formula nilai rata-rata, standar deviasi, dan uji independen sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang duduk di depan memiliki nilai rata-rata 76,21 dengan standar deviasi 6,05 nilai ini dapat dikategorikan cukup. Sedangkan siswa yang duduk di belakang memiliki nilai rata-rata 69,96 dengan standar deviasi 11,38 dan nilai ini dapat dikategorikan rendah. Selanjutnya hasil uji independen sampel t-tes dengan level signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 54 menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel (thit = 2,482 > ttab = 2,005). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan yang bermakna pada nilai bahasa Inggris antara siswa kelas sebelas SMA N 2 Kudus tahun ajaran 2017/2018 yang duduk di posisi depan dan belakang. Saran dari penelitian ini, guru diharapkan untuk mendukung perpindahan posisi tempat duduk siswa. Pengaturan tempat duduk berbentuk lingkaran (roundtable) dan bentuk U (horseshoe) bisa diterapkan di dalam kelas agar siswa termotivasi selama proses pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dra. Sri Endang Kusmaryati, M. Pd
Kata Kunci: studi komparatif, nilai bahasa Inggris, dan posisi tempat duduk.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:16
Last Modified: 02 Jan 2019 06:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9545

Actions (login required)

View Item View Item