AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERROR MADE BY THE STUDENTS IN CHANGING ACTIVE INTO PASSIVE VOICE (A Case Study in SMA PGRI 1 Pati)

YANUAR RUDIANTO, ANDREAN (2018) AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERROR MADE BY THE STUDENTS IN CHANGING ACTIVE INTO PASSIVE VOICE (A Case Study in SMA PGRI 1 Pati). Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (737kB) | Preview
[thumbnail of bab1] PDF (bab1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam silabus bahasa Inggris mengajar bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas, ada beberapa materi yang terkait dengan tata bahasa, salah satu yang paling sulit adalah Pasive voice, dan itu di kelas kesebelas. Passive voice memiliki beberapa pola, dan perlu menguasai semua bentuk kata terlebih dahulu, sebelum mempelajari passive voice. Ketika penulis melakukan program pelatihan guru, ia menemukan banyak siswa dari kelas sebelas membuat beberapa kesalahan tata bahasa dalam mengubah aktif menjadi passive voice. Mempertimbangkan pentingnya pengetahuan gramatikal dalam mempelajari passive voice penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh siswa kelas XI SMA PGRI 1 Pati dan juga kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam mengubah aktif menjadi kalimat pasif. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif analitis. Sumber data dikumpulkan dari tes siswa terkait dengan passive voice dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen yang berisi hasil tes siswa terkait dengan suara pasif dan kuesioner. Teori Dulay dan Parrot menjadi kunci utama dalam analisis data. Sebagai alat tambahan dari instrumen, beberapa bentuk lembar data digunakan selama analisis penelitian. Ada dua jenis data: kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel frekuensi untuk setiap kategori strategi permukaan taksonomi dan tabel frekuensi kesulitan dalam mengubah aktif menjadi passive voice . Kemudian, data kualitatif menggambarkan setiap kategori yang terjadi dalam kesalahan tata bahasa siswa dan kesulitan dalam mengubah aktif menjadi passive voice. Berdasarkan analisis kesalahan tata bahasa, ditemukan empat jenis kesalahan. Itu adalah sebagai berikut. Misordering ditemukan 138 kali, misformation adalah 41 kali, omission 23 kali, dan addition 7 kali dalam analisis. Para siswa membuat beberapa kesalahan tata bahasa karena mereka menghadapi beberapa kesulitan dalam mengubah aktif menjadi passive voice. Kesulitan utama yang dihadapi oleh siswa adalah pemahaman tentang tambahan, menentukan bentuk kata, dan mengubah kata kerja. Berdasarkan analisis data di atas, diketahui bahwa siswa kelas X SMA PGRI 1 Pati membuat kesalahan tata bahasa dan menghadapi beberapa kesulitan dalam mengubah aktif menjadi passive voice. Penulis menyarankan kepada siswa, mereka harus sadar dalam belajar kalimat aktif dan pasif. Mereka harus memperhatikan tata, karena setiap tenses memiliki pola yang berbeda. Penulis juga menyarankan kepada guru bahasa Inggris, mereka harus menggunakan metode yang tepat dalam mengajarkan passive voice, sehingga siswa akan memahami materi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Surachmi W, M.Pd.,
Kata Kunci: Kesalahan Gramatikal, Kesulitan Siswa, Passive Voice
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:16
Last Modified: 02 Jan 2019 06:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9549

Actions (login required)

View Item View Item