Pengaruh Pemberian Kompos Jerami dan Jenis Media Tumbuh Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus)

Makmur, Lidia (2012) Pengaruh Pemberian Kompos Jerami dan Jenis Media Tumbuh Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (313kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (117kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (407kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (42kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (43kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (841kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos jerami dan jenis media tumbuh terhadap pertumbuhan dan hasil jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus). Penelitian dilaksanakan di Desa Hadipolo kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dengan ketinggian tempat 17 meter di atas permukaan laut pada tanggal 18 januari 2012 – 27 April 2012 dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang terdiri dari 2 faktor sebagai perlakuan dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama, yakni proporsi kompos jerami dalam media tumbuh (J), terbagi dalam 3 taraf: 0% atau tanpa kompos jerami (J0), 15% kompos jerami (J1) dan 30% kompos jerami (J2). Adapun faktor kedua, yaitu jenis bahan utama media tumbuh (M), juga terdiri atas 3 taraf: Serbuk gergaji (M1), ampas tebu (M2) dan kombinasi serbuk gergaji dengan ampas tebu (M3). Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa perlakuan kompos jerami tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan maupun hsail jamur tiram putih. Total berat segar hasil pemanenan tertinggi terjadi pada perlakuan tanpa pemberian kompos jerami (J0) yaitu 322,22 gram dan terendah pada perlakuan kompos jerami 10% (J1) yaitu 316,67 gr. Perlakuan jenis media berpengaruh nyata terhadap kecepatan tumbuh miselium hingga optimal, berat segar panen pertama, jumlah pemanenan dan total berat segar pemanenan. Tetapi tidak berbeda nyata terhadap kecepatan awal tumbuh, diameter tudung jamur, diameter batang/tangkai jamur, panjang tangkai jamur, dan jumlah badan buah per baglog. Total berat segar pemanenan tertinggi pada perlakuan kombinasi media serbuk gergaji dan ampas tebu (M3) yaitu 367,22 gram dan terendah pada perlakuan jenis media serbuk gergaji (M1) yaitu 279,44 gram. Tidak terjadi interaksi antara perlakuan kompos jerami dengan jenis media. Total berat segar pemanenan tertinggi terjadi pada kombinasi perlakuan tanpa pemberian kompos jerami dengan media tumbuh campuran serbuk gergaji dan ampas tebu (J0M3), yaitu sebesar 383,33 gram sedankan yang terendah terjadi pada kombinasi perlakuan kompos jerami 30% dengan media serbuk gergaji (J2M1), yakni sebesar 250,00 gram.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I = Ir. Utung Sudjianto, Ms. Pembimbing II = Ir. Hj. Rukmi
Subjects: Pertanian > Pertanian (umum) > Meliorasi: perbaikan, reklamasi, penyuburan, irigasi / pengairan, dll > Pertanian organik. Kultur organik
Pertanian > Pertanian (umum)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 12 Sep 2013 05:41
Last Modified: 12 Sep 2013 05:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item