Cahyono, Oki (2012) Pengaruh Modifikasi Lubang IN pada Silinder Terhadap Akselerasi dan Uji Emisi Pada Mesin Sepeda Motor Supra 100 CC Berbahan Bakar Campuran Etanol dan Premium (Gasohol). ["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined] thesis, Universitas Muria kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version Download (924kB) |
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (107kB) |
Abstrak
Penggunaan kendaraan meningkat dari tahun ketahun membuat meningkatnya jumlah konsumsi minyak dunia. Meningkatnya minyak dunia ini mengakibatkan terjadinya krisis energi, karena jumlah minyak yang berasal dari tambang terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut makanya diadakan penelitian mengenai bioetanol sebagai campuran pada bensin. Dalam penelitian ini etanol dengan kadar 99,5% dicampur dengan bensin (premium). Bahan bakar campuran diuji dengan motor bensin 4 langkah berkapasitas 100cc menggunakan silinder head standart, silinder head 1, silinder head 2 dan pergeseran ignition timing 2,9o serta dengan penggunaan transformator step-up 3 dilakukan dengan pengujian akselerasi, uji emisi, dan konsumsi bahan bakar. Hasil pengujian menunjukkan pergeseran ignition timing lebih maju 2,9o dan penggunaan transformator step-up 3 pada silinder head 2, akselerasi menunjukan peningkatan. Besarnya peningkatan akselerasi pada bahan bakar dari E0 11,02 m/s2, peningkatan akselerasi pada bahan bakar E20 adalah 6,1 m/s2, peningkatan akselerasi pada bahan bakar E40 adalah 1,05 m/s2, peningkatan akselerasi pada bahan bakar E60 adalah 0,96 m/s2, peningkatan akselerasi pada bahan bakar E80 adalah 1,06 m/s2, peningkatan akselerasi pada bahan bakar E100 adalah 1,06 m/s2. Hasil pengujian menunjukkan pergeseran ignition timing lebih maju 2,9o dan penggunaan transformator step-up 3 pada silinder head 2, uji emisi menunjukan peningkatan. Besarnya peningkatan uji emisi (O2) pada bahan bakar dari E0 0,8 peningkatan uji emisi pada bahan bakar E20 adalah 1,23 peningkatan uji emisi pada bahan bakar E40 adalah 0,33 peningkatan uji emisi pada bahan bakar E60 adalah 0,2 peningkatan uji emisi pada bahan bakar E80 adalah 0,3 peningkatan uji emisi pada bahan bakar E100 adalah 1,13. Hasil pengujian menunjukkan pergeseran ignition timing lebih maju 2,9o dan penggunaan transformator step-up 3 pada silinder head 2, konsumsi bahan bakar (3000 rpm) menunjukan peningkatan. Besarnya peningkatan konsumsi bahan bakar pada bahan bakar dari E0 3,345 l/s peningkatan konsumsi pada bahan bakar E20 adalah 0,171 l/s peningkatan konsumsi pada bahan bakar E40 adalah -0,04 l/s peningkatan konsumsi pada bahan bakar E60 adalah 1,06 l/s peningkatan konsumsi pada bahan bakar E80 adalah 1,13 l/s peningkatan konsumsi pada bahan bakar E100 adalah 0,33 l/s.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined]) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I = Rochmad Winarso, S.T, M.T Pembimbing II = Bachtiar Setya Nugraha, S.T, M.T |
Subjects: | Teknologi > Teknik mesin dan mekanik > Aneka ragam motor dan mesin. Termasuk mesin bensin dan solar, mesin diesel |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 2136 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2013 04:23 |
Last Modified: | 12 Sep 2013 04:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/978 |
Actions (login required)
View Item |