Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Pura Dekorindo Kudus

Cahyaningsih, Yuyuk (2012) Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Pura Dekorindo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (64Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (19Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (93Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (78Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (297Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (12Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (9Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (244Kb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Suatu strategi pemasaran yang efisien adalah suatu strategi di mana strategi dan rencana pemasaran yang dapat digunakan dapat memberikan kesempatan untuk tingkat performa yang tinggi, dan dalam implementasi program tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat mencapai suatu porsi yang tinggi dari potensinya, strategi pemasaran berhubungan dengan penjualan, karena secara konseptual, penjualan merupakan hasil dari kombinasi pemasaran yang lain. Hal tersebut juga terjadi pada PT. Pura Dekorindo Kudus memproduksi berbagai kemasan. Berdasarkan hal tersebut maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut: bagaimana posisi pemasaran PT. Pura Dekorindo yang didasarkan pada variabel internal dan eksternal dalam menghadapi persaingan dan bagaimana strategi pemasaran yang harus diterapkan untuk masa yang akan datang sehingga sasaran yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk menganalisis posisi pemasaran PT. Pura Dekorindo yang didasarkan pada variabel internal dan eksternal dalam menghadapi persaingan dan merumuskan strategi pemasaran yang harus diterapkan untuk masa yang akan datang sehingga sasaran yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel eksternal yang meliputi: faktor peluang dengan indikator: perkembangan teknologi, luas pasar, pertumbuhan pasar dan kebijakan pemerintah dan faktor ancaman dengan indikator keberadaan pesaing, produk pengganti, tingkat inflasi, kebijakan pemerintah, sedangkan variabel internalnya meliputi: pengembangan produk, pelayanan, mutu produk, citra produk, variasi produk, saluran distribusi, harga dan promosi, jenis dan sumber datanya: data primer dan sekunder, sampel diambil sebanyak 30 responden untuk pertanyaan variabel internal, dan 5 orang yang diambil dari pihak manajemen perusahaan untuk pertanyaan variabel eksertan1, pengumpulan datanya dengan wawancara dan kuesioner, pengolahan datanya menggunakan editing, coding dan tabulating, analisis datanya menggunakan analisis validitas dan reliabilitas, metode SAP, ETOP, dan Matrik SWOT serta implikasi strategis. Dengan menggunakan analisis tersebut di atas diperoleh hasil temuan penelitian sebagai berikut: 1. Pemasaran PT. Pura Dekorindo memiliki nilai strategis faktor internal SAP (Strategic Advantage Profile Analysis) dengan jumlah nilai tertimbang sebesar 3,764, menunjukkan adanya kekuatan, dan berada pada posisi kuat (strong) pada kelas interval posisi persaingan strategik (SAP) atas faktor pengembangan produk, pelayanan, mutu produk, citra produk, variasi produk, saluran distribusi, harga dan promosi, Sedangkan pada analisis faktor eksternal ETOP (Environment Threat Opportunity Profile), yang dibagi dalam 2 (dua) variabel yaitu: pertama, EOE (Environment Opportunity Element) yang merupakan faktor peluang lingkungan eksternal diperoleh hasil 4,326, yang menunjukkan adanya peluang atas faktor perkembangan teknologi, luas pasar, pertumbuhan pasar, kebijakan pemerintah, sedangkan faktor ancaman lingkungan eksternal ETE (Environmental Threat Element) diperoleh hasil ETE sebesar 2,461 yang menunjukkan ancaman yang tidak cukup berarti atas faktor keberadaan pesaing, produk pengganti, tingkat inflasi dan kebijakan pemerintah, hal ini menunjukkan posisi ETOP berdasarkan matrik berada pada posisi usaha ideal. Dengan demikian posisi pemasaran PT. Pura Dekorindo tersebut dalam gambar SWOT terletak pada posisi investasi yang merupakan interaksi dari posisi ETOP usaha ideal dengan posisi SAP kuat (strong). 2. Perumusan strategi pemasaran kedepan tetap mempertahankan kekuatan internal yang meliputi: pengembangan produk, pelayanan, mutu produk, citra produk, variasi produk, saluran distribusi, harga dan promosi, dan memanfaatkan peluang atas faktor perkembangan teknologi, luas pasar, pertumbuhan pasar, kebijakan pemerintah, serta perlu mewaspadai ancaman dari pesaing.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing 1 = Dra. Mamik Indaryani, MS Pembimbing 11 = Dian Wismar’ein, SE, MM
                  Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
                  Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Industri besar. Sistem pabrik. Bisnis besar.
                  Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
                  Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
                  Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                  Tanggal Deposit: 08 Feb 2013 08:56
                  Last Modified: 08 Feb 2013 08:56
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/993

                  Actions (login required)

                  View Item