Work engagement pada guru honorer Smpn 1 batangan

Safakum, Erick Fernandi Yosyanni Riezky (2019) Work engagement pada guru honorer Smpn 1 batangan. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
hal judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini mengenai Work engagement pada guru honorer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dan aspek yang mempengaruhi work engagement pada guru honorer. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru honorer yang mengajar di SMPN 1 Batangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Fenomenologikal suatu studi tentang kesadaran dari perspektif pokok seseorang dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan Bodgan dan Biklen (Moleong,2014) yaitu coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan I mengalami masalah pada engagementnya yang dipengaruhi oleh job resources informan kurang nyaman saat mengajar karena mengajar tidak sesuai akta, personal resources informan merasa guru honorer masih dipandang sebelah mata,vigor informan tidak semangat berangkat mengajar saat tidak punya uang, dedication informan merasa bangga karena dihargai orang lain, absorption informan merasa waktu berjalan lambat saat mengajar murid nakal dan susah diatur. Untuk informan II dipengaruhi oleh job resources untuk meningkatkan mutu sekolah dengan kedisiplinan, personal resources kurangnya komunikasi dengan guru PNS membuat canggung, vigor informan merasa biasa saja saat mengajar karena kewajiban, dedication informan tidak bangga menjadi guru karena bukan keinginannya, absorption kesulitan dalam membagi waktu anatara mengajar dan sambilan. Sedangkan untuk informan III dipengaruhi oleh job resources memperdalam materi pengajaran dapat meningkatkan mutu sekolah, personal resources informan merasa guru honor rmasih kurang dihargai pemerintah, vigor informan merasa malas saat mengajar karena tidak punya uang, dedication merasa kurang bangga karena belum adanya kejelasan nasib, absorption informan merasa waktu berjalan lambat karena informan merasa monoton akan pekerjaannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Iranita Hervi Mahardayani, S.Psi., M.Psi NIDN : 0628077501
Kata Kunci: work engagement, guru honorer
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi terapan
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:26
Last Modified: 09 Aug 2019 02:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10936

Actions (login required)

View Item View Item