Peningkatan berpikir kritis melalui model problem based learningberbantuan media puzzle pada siswa kelas iv sd 1 gondangmanis kudus

Anggraini, Lia Putri (2019) Peningkatan berpikir kritis melalui model problem based learningberbantuan media puzzle pada siswa kelas iv sd 1 gondangmanis kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (975kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Puzzle pada kelas IV SD 1 Gondangmanis. Berpikir kritis adalah suatu kemampuan berpikir secara mendalam tentang penalaran yang logis, keterampilan menemukan, menjelaskan, menyimpulkan pengetahuan dan melakukan tindakan. PBL merupakan suatu model pembelajaran yang melatih siswa mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan dan memecahkan masalah yang merangsang siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Puzzle merupakan media pembelajaran yang melatih siswa memecahkan masalah bersama. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model Problem Based Learning berbantu media Puzzle pada kelas IV SD 1 Gondangmanis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gondangmanis dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Problem Based Learning, variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, dan tes. Analisis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PBL berbantuan Puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru. Hal ini dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Berpikir kritis, ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 48% dengan rata – rata 71, meningkat pada siklus I menjadi 72% dengan rata – rata 78,84, dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan rata – rata 82,92. (2) Aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I rata – rata mencapai 73,9% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 80,9% (Baik). (3) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata – rata 80,5% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 85,5% (Sangat Baik). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Problem Based Learning berbantuan Puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa – siswa kelas IV serta keterampilan guru SD 1 Gondangmanis. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif. Kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana yang mendukung pelaksanaan pembelajaran kreatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM NIDN : 0614055701 Pembimbing 2 : Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd NIDN : 0607018801
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Media Puzzle, Tema Berbagai Pekerjaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:49
Last Modified: 20 Aug 2019 02:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item View Item