Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model student teams achievement division pada siswa kelas v sd 3 klaling kudus

Zunaidi, Muhamad Imron (2019) Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model student teams achievement division pada siswa kelas v sd 3 klaling kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan aktivitas siswa dengan menerapkan model STAD pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi peraturan perundang-undangan. Model STAD adalah suatu model pembelajaran kooperatif untuk memahami bahan pembelajaran melalui tutorial, kuis, dan melakukan diskusi. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah proses kegiatan yang dilakukan siswa yang mengakibatkan berubahnya perilaku lebih baik dari sebelumnya, adapun perubahannya mencakup tiga hal yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat peningkatan keteranpilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V SD 3 Klaling Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 3 Klaling Kudus dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah STAD. Sedangkan variabal terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, keterampilan guru, aktivitas siswa, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran kelas pada siklus I ke siklus II dari persentase 73,62% menjadi 89,82%. Aktivitas siswa juga meningkat dari 72,65% menjadi 81,95. Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 66,67% menjadi 80,95%, pada ranah afektif juga meningkat dari silus I ke siklus II yaitu 66,19% menjadi 79,16%, pada ranah psikomotorik juga meningkat dari siklus I ke Siklus II yaitu 69,20% menjadi 80,50%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Klaling Kudus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, keterampilan siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi peraturan perundang-undangan. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan disesuaikan dengan pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dalam menggikuti proses pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd NIDN : 0617088403 Pembimbing 2 : Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A. NIDN : 0623038604
Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar , Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:49
Last Modified: 21 Aug 2019 01:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11210

Actions (login required)

View Item View Item