Zunaidi, Muhamad Imron (2019) Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model student teams achievement division pada siswa kelas v sd 3 klaling kudus. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (407kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (293kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (208kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan aktivitas siswa dengan menerapkan model STAD pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi peraturan perundang-undangan. Model STAD adalah suatu model pembelajaran kooperatif untuk memahami bahan pembelajaran melalui tutorial, kuis, dan melakukan diskusi. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah proses kegiatan yang dilakukan siswa yang mengakibatkan berubahnya perilaku lebih baik dari sebelumnya, adapun perubahannya mencakup tiga hal yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat peningkatan keteranpilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V SD 3 Klaling Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 3 Klaling Kudus dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah STAD. Sedangkan variabal terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, keterampilan guru, aktivitas siswa, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran kelas pada siklus I ke siklus II dari persentase 73,62% menjadi 89,82%. Aktivitas siswa juga meningkat dari 72,65% menjadi 81,95. Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 66,67% menjadi 80,95%, pada ranah afektif juga meningkat dari silus I ke siklus II yaitu 66,19% menjadi 79,16%, pada ranah psikomotorik juga meningkat dari siklus I ke Siklus II yaitu 69,20% menjadi 80,50%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Klaling Kudus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, keterampilan siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi peraturan perundang-undangan. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan disesuaikan dengan pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dalam menggikuti proses pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd NIDN : 0617088403 Pembimbing 2 : Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A. NIDN : 0623038604 |
Kata Kunci: | STAD, Hasil Belajar , Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 01:49 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 01:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11210 |
Actions (login required)
View Item |