Layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai upaya mengatasi perilaku bullying bagi siswa kelas viii smp negeri 1 brati

FAQIH, FANNI SALMA ULUMIYA (2018) Layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai upaya mengatasi perilaku bullying bagi siswa kelas viii smp negeri 1 brati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
5.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
7. BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

konseling kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai upaya mengatasi perilaku bullyingbagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brati tahun pelajaran 2018/2019, 2. Mengatasi perilaku bullying melalui pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brati tahun pelajaran 2018/2019. Bullying merupakan perilaku negatif yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang dengan tujuan menyakiti sehingga dapat merugikan banyak pihak, baik itu berbentuk bullying fisik, verbal, nonverbal maupun cyber. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying bukan hanya dirasakan dan ditanggung oleh korban saja, tetapi juga saksi dan pelaku itu sendiri. Untuk dapat mewujudkan pemahaman yang baik mengenai perilaku bullying, peneliti berupaya untuk mengatasi perilaku bullying melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VIIIyang diambil menggunakan teknik samplingpurposive. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis melalui beberapa langkah, yaitu reduksi data, interpretasi, inferensi, dan tindak lanjut. Hal ini dilakukan untuk memperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat dan akurat. Hasil penelitian berkenaan dengan mengatasi perilaku bullying meningkat pada setiap siklus. Pada pra siklus memperoleh rata-rata skor 12 kategori sangat kurang, pada siklus I mengalami peningkatan 7 poin dengan memperoleh rata-rata skor 19 kategori kurang, dan pada siklus II meningkat 17 poin dengan memperoleh rata-rata skor 36 kategori baik. Pada aktivitas siswa dalam mengikuti layanan konseling kelompok dengan mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I mendapatkan persentase 52% dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan persentase 78% dengan kategori baik. Keterampilan peneliti dalam memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I diperoleh 50% kategori kurang dan pada siklus II diperoleh persentase 78% kategori baik. Simpulan hasil pada penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan sebagai upaya mengatasi perilaku bullying bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brati. Saran yang disampaikan peneliti: 1. Diharapkan bagi siswa-siswi tidak melakukan tindakan-tindakan yang termasuk dalam perilaku bullyingdan memiliki pergaulan yang sehat. 2. Guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik dalam membantu siswa menangani masalahnya dengan memaksimalkan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama. 3. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat menyalurkan dan mengembangkan kemampuan pada penelitian selanjutnya. 4. Diharapkan kepala sekolah SMP Negeri 1 Brati memberikan dukungan dengan memfasilitasi sarana dan prasarana untuk guru bimbingan dan konseling sehingga guru bimbingan dan konseling dapat menjalankan tugasnya dengan baik, khususnya untuk mengatasi perilaku bullying.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd NIDN : 0611116401 Pembimbing 2 : Nur Mahardika, S.Pd, M.Pd NIDN : 0630088901
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Sosiodrama, Perilaku Bullying
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Aug 2019 01:44
Last Modified: 27 Aug 2019 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item