Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan siswa kelas xi pemasaran smk tamansiswa kudus

DEWI, CINDI JUNITA (2019) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan siswa kelas xi pemasaran smk tamansiswa kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan siswa kelas XI Pemasaran SMK Tamansiswa Kudus, 2. Diperolehnya peningkatan kemampuan kepemimpinan siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Tamansiswa Kudus. Kepemimpinan adalah keampuan dari anggota untuk mempengaruhi orang lain. Kemampuan kepemimpinan perlu dimiliki oleh setiap orang dan ditanamkan sejak dini agar seseorang dapat menjadi sorang pemimpin yang baik. Untuk mewujudkan pemahaman siswa terhadap kemampuan kepemimpinan peneliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan kepemimpnan pada siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI Pemasaran, subjek penelitian ini 8 siswa yang memiliki kemampuan kepemimpinan kurang. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan 4 tahap disiklusnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tidakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Simpulan hasil penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kepemimpinan Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Tamansiswa Kudus dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 25,5 dengan presentase 63,5% dalam kategori kurang (K), dan siklus II yang memperoleh skor rata-rata 32,5 dengan presentase 81,5% dalam kategori baik (B). Dengan demikian terdapat peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 18%. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran kepada: 1. Siswa, diharapkan siswa lebih baik dalam menanamkan dan merealisasikan sikap yang dipelajari dalam layanan bimbingan kelompok seperti mejadi pemimpin yang amanah, sosialisasi yang baik. 2. Kepala Sekolah, terus mendorong siswanya untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan agar kelak menjadi seorang pemimpin yang baik. 3. Guru BK, menggunakan hasil penelitian sebagai referensi dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling secara optimal, khususnya layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan siswa. 4. Peneliti, untuk mengembangkan penelitian selanjutnya maka dalam melaksanakan tindakan dalam upaya meningkatkan kemampuan kepemimpinan melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama agar lebih variatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Drs. Masturi, MM
Kata Kunci: Kemampuan Kepemimpinan, Layanan bimbingan kelompok, sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Aug 2019 01:43
Last Modified: 27 Aug 2019 01:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item