Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model think pair share berbatuan media flipcharttema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd 3 buwaran

MAHENDRA, TEGUH IHZA (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model think pair share berbatuan media flipcharttema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd 3 buwaran. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran think pair share dan media flipchart pada tema 7 indahnya keragaman Muatan Bahasa Indonesia dan PPkn materi cerita nonfiksi dan keragaman suku bangsa di Indonesia kelas IV SD 03 Buwaran. Belajar merupakan suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki prilaku, sikap, dan mengokohkan kepribadian. Think pair share merupakan suatu model yang memberikan siswa lebih banyak waktu untuk berpikir, menjawab, merespon dan melalui metode ini penyajian bahan ajar tidak lagi membosankan karena siswa diberikan waktu untuk berdiskusi menyelesaikan suatu masalah bersama pasangannya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model think pair share berbantuan media flipchart tema indanya keragaman di negeriku kelas IV SD 03 Buwaran. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 03 Buwaran dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian ini berlangsung salama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model think pair share. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar pada tema indanya keragaman di negeriku. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada dua jenis yang dikumpulkan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan media flipchart sebagai berikut. 1) hasil belajar siswa aspek kognitif meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 68,6 dengan ketuntasan klasikal 63% (perlu bimbingan) pada siklus II dengan perolehan rata-rata 86,5 dengan ketuntasan klasikal 91% (sangat baik). 2) aktivitas belajar siswa aspek afektif pada siklus I memperoleh persentase 71,54% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 83,85% (sangat baik). 3) aktivitas belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase 70,85% (baik) mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh persentase 86,65% (sangat baik). 4) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 56% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 89% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 03 Buwaran dapat disimpulkan bahwa penerapan model think pair share berbantuan media flipchart dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD 03 Buwaran. Oleh karena itu saran yang diberikan yaitu hendaknya model pembelajaran think pair share dapat dijadikan alternatife model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Ristiyani, M.Pd NIDN : 0615068604
Kata Kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Flipchart, Indahnya Keragaman di Negeriku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Sep 2019 01:58
Last Modified: 02 Sep 2019 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item