Penerapan model think talk write untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berbantuan komikstripepada siswa kelas iv sd 2 rahtawu

SUSANTI, INDAH ANDRI (2019) Penerapan model think talk write untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berbantuan komikstripepada siswa kelas iv sd 2 rahtawu. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
SKRIPSI PENUH-1-16.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD 2 Rahtawu Gebog Kudus dalam menggunakan model Think Talk Write berbantuan media kimik stripe. Think Talk Write merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi untuk dapat menemukan materi yang dipelajari serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan berpikir kritis siswa merupakan keterampilan yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan setelah menerima pengalaman pembelajaran. Media merupakan alat bantu yang dapat disajikan sebagai perantara atau pengatar informasi belajar yang digunakan oleh guru berkomunikasi dengan siswa. Komik stripe merupakan media bacaan yang sederhana yang mudah dipakai dan dapat dimanfaatkan untuk proses pembelejaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Rahatwu dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian in berlangsung selama dua siklus, setiap siklus teridri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas adalah model Think Talk Write berbantuan media komik stripe. Variabel terikatnya adalah Keterampilan Berpikir Kritis. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,9 (baik) meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 3,4 (sangat baik), dengan peningkatan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh presentase 71% (baik) dan meningkat pada siklus II dengan Presentase85% (sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa jug ameningkat pada siklus I memperoleh total nilai 76 (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan total nilai 84 (baik). Berdasarkan hasil penelitia tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Rahtawu Gebog Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD 2 Rahtawu Gebog Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 : Khamdun, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, Think Talk Write, Dan Komik Stripe
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:24
Last Modified: 04 Sep 2019 06:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item