Meningkatkan interaksi sosial siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama

KHANIFAH, UMI (2019) Meningkatkan interaksi sosial siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
1. PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
8. Lampiran-lampiran2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam melakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas XI AKL SMK PGRI 1 PGRI Mejobo Kudus. 2. Menemukan peningkatan interaksi sosial siswa kelas XI AKL SMK PGRI 1 Mejobo Kudus melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Dalam penelitian ini, peneliti memilih teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial siswa karena individu akan menghayati secara langsung situasi masalah yang dihadapinya. Dari pementasan itu kemudian diadakan diskusi dengan tujuan untuk mengevaluasi pemecahan masalahnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman Golantepus, Kabupaten Kudus. Penelitian ini mengenai meningkatkan interaksi sosial siswa melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada kelas XI AKL. Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak delapan siswa kelas XI AKL. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok siklus I kemampuan berinteraksi siswa terdapat 1 siswa (12,5%) dalam kategori kurang, 6 siswa (75%) memiliki kemampuan berinteraksi cukup dan 1 siswa (12,5%) memiliki kemampuan berinteraksi dalam kategori baik. Setelah siklus II kemampuan berinteraksi siswa dengan kategori baik sebanyak 6 siswa (75%), dan yang kategori sangat baik sebanyak 2 siswa (25%). Besarnya peningkatan kemampuan berinteraksi siswa dari sebelum dilakukan penelitian (kategori kurang), siklus I (cukup) dan siklus II (baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I dan siklus II maka layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi siswa. Layanan bimbingan kelompok tehnik sosiodrama merupakan proses pemberian informasi dan bantuan pada sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok guna mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam layanan bimbingan kelompok interaksi antar individu antar anggota kelompok merupakan suatu yang khas yang tidak mungkin terjadi pada konseling perorangan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 : Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:05
Last Modified: 27 Sep 2019 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11567

Actions (login required)

View Item View Item