LANA, BARIKATUN (2019) Penerapan model contextual teaching and learning berbantuan media konkret terhadap kemampuan Berpikir kritis tema 8 lingkungan sahabat kita Siswa kelas vb sd negeri ngaluran 3 demak. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
hal.judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (640kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (629kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (55MB) | Request a copy |
Abstrak
Lana, Barikatun. 2019. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas VB SD Negeri Ngaluran 3 Demak. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd (2) Dr. Irfai Fathurrohman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Konkret pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas VB SD Negeri Ngaluran 3. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir untuk menangani suatu masalah dengan menggunakan bukti dan logika dalam menemukan jawaban. Kemampuan berpikir dapat meningkat melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan berbantuan media konkret. Contextual Teaching and Learning merupakan konsep belajar yang dapat membantu siswa menemukan makna dalam materi pelajaran dengan mengaitkan kehidupan nyata disekitar lingkungan. Media konkret merupakan benda nyata yang berada dilingkungan yang digunakan sebagai proses pembelajaran untuk menarik perhatian siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) direncanakan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di Kelas VB SD Negeri Ngaluran 3 Demak dengan subjek penelitian 20 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Contextual Teaching and Learning dan media konkret, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir krtitis. pengumpulan data yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan berupa soal tes berbentuk uraian dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan siklus I mencapai 71,25 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 78,25. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,96 dan meningkat menjadi 79,74 pada siklus II. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan memperoleh persentase 71,31 menjadi 83,72 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa berbantuan media konkret pada kelas VB SD Negeri Ngaluran 3 Demak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas VB SD Negeri Ngaluran 3 Demak dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media konkret dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada tema 8 Lingkunga Sahabat Kita kelas VB SD Negeri Ngaluran 3 Demak. Oleh sevav itu, disarankan menerapkan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media konkret guru lebih inovatif dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan berpikir kritis, media konkret, Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 02:09 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 02:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12425 |
Actions (login required)
View Item |