Studi mengenai pengaruh asosiasi merek dan kesadaran merek terhadap minat beli Rokok merek djarum super

Suroso, Iwan and rini, gilang puspita and Faidah, Faridhatun (2019) Studi mengenai pengaruh asosiasi merek dan kesadaran merek terhadap minat beli Rokok merek djarum super. [Experiment]

[thumbnail of Laporan penelitian full] HTML (Laporan penelitian full)
LAPORAN- Studi Mengenai Pengaruh Brand Awareness dan Brand Association Terhadap Minat Beli_DONE.docx - Published Version

Download (364kB)

Abstrak

Di era digital yang semakin berkembang saat ini, berbagai informasi dapat tersebar dengan sangat mudah. Kemudahan inilah yang sering dimanfaatkan oleh sebagian besar perusahaan dalam memasarkan produknya kepada masyarakat. Pemasaran produk melalui cara ini memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan yang justru bisa mematikan produk itu sendiri, sehingga diperlukan adanya strategi pemasaran yang tepat agar merek dari produk tersebut dapat lebih dikenal oleh konsumen dan mampu meningkatkan daya beli. Peningkatan minat beli dapat diperoleh dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meningkatkan asosiasi merek dan kesadaran merek di benak konsumen sasarannya. Salah satu produk yang mengandalkan komponen ekuitas merek untuk bersaing di kategori produknya ini adalah produk rokok dimana pada data yang diperoleh top of mind, yang merupakan tingkatan tertinggi dalam kesadaran merek, yang di adaptasi dari nilai top brand indeks, diketahui bahwa terjadi penurunan top brand indeks pada rokok merek Djarum Super milik PT Djarum selama tahun 2012-2014. Adanya penurunan top brand indeks yang mencerminkan adanya penurunan tingkat kesadaran merek konsumen rokok Djarum Super inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti apakah penurunan tersebut mempunyai hubungan dengan naik turunnya minat beli. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model mengenai dampak asosiasi merek dan kesadaran merek terhadap minat beli rokok Djarum Super. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen rokok merek Djarum Super dengan minimal konsumsi lebih dari 1 tahun di Kabupaten Kudus. Data yang digunakan adalah data primer dan metode analisis yang digunakan terdiri dari metode analisis kuntitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil oleh data melaui SPSS, maka diperoleh hasil bahwa seluruh variabel independen dapat menjelaskan variabel dependennya dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0%.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: minat beli, asosiasi merek, kesadaran merek dan rokok
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Komunitas. Kelas masyarakat. Ras > Kelompok perkotaan. Kota. Sosiologi perkotaan > Ekonomi daerah. Ruang dalam ilmu ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:16
Last Modified: 03 Sep 2020 02:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item