Pengembangan model soft skills berbasis budayasekolah danpembelajaran pendidikan karakter siswasekolah dasar di kabupaten kudus

HANDAYANI, UMI (2019) Pengembangan model soft skills berbasis budayasekolah danpembelajaran pendidikan karakter siswasekolah dasar di kabupaten kudus. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kodratinya menuju ke arah peradaban yang manusiawi dan lebih baik.Penelitian ini bertujuan mengembangkan model soft skills berbasis budaya sekolah sebagai pembelajaran pendidikan karakter siswa untuk menumbuhkan bakat siswa dan menanamkan karakter siswa.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model Borg and Gall dengan tujuh langkah saja, diantaranya : 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk data dalam penelitian ini adalah data tentang soft skills dapat menumbuhkan watak atau karakter, berbudaya sekolah melalui pembelajaran penguatan pendidikan karakter siswa dan keefektifan pengembangan soft skills di peroleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sumber data yakni siswa dan guru kelas V di SD N 1 Jekulo, SD N 4 Terban, dan SD N 3 Terban. Pengembangan Soft Skills Berbasis BudayaSekolah dan Pembelajaran Pendidikan Karakter SiswaSekolah Dasar Di Kabupaten Kudus memiliki 3 aspek perumusan tujuan, budaya sekolah dengan komponen dan pembelajaran yang memiliki komponen , (1) RPP, (2) Media, (3) Metode.Hasil uji keefektifan bahwa “pengembangan model soft skillssiswaefektif dan diperoleh hasil dari SD N 1 Jekulo, SD N 3 Terban, dan SD N 4 Terban. Hasil t hitung > t tabel maka HI diterima dan terdapat keefektifan pengembangan soft skills yang diterapkan di kelas V Sekolah Dasar. Hasil angket menumbuhkan karakter sebesar persen dengan kategori sangat baik.Model ini dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam ataupun di luar kelas. soft skills berbasis budaya sekolah juga dapat dijadikan sebagai pembentukan karakter siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan soft skills, budaya sekolah pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:20
Last Modified: 08 Sep 2020 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12605

Actions (login required)

View Item View Item