Penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media ultara untuk meningkatkan koneksi matematis Siswa kelas iv

ULYA, KHOTIMATUL (2019) Penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media ultara untuk meningkatkan koneksi matematis Siswa kelas iv. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Permasalahan yang terjadi di SD 1 Jati Wetan adalah rendahnya kemampuan dan keterampilan proses koneksi matematis yang disebabkan karena siswa kurang termotivasi dalam menyelesaikan soal dalam bentuk cerita dan guru kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan keterampilan proses siswa pada materi pengukuran sudut berbantuan media ULTARA pada siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakandi SD 1 Jati Wetandengan subjek penelitian 20 siswa kelas IV dan peneliti sebagai guru yang berlangsung selama 2 siklus dengan 3 pertemuan disetiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran TGT dan media ULTARA sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan koneksi matematis, keterampilan mengajar guru serta keterampilan proses siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan antara siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 73,15 termasuk predikat D (perlu bimbingan) dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata klasikal 82,25 termasuk predikat C (cukup). Keterampilan mengajar peneliti sebagai guru dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran TGT berbantuan media ULTARA pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,03 dalam predikat baik dan meningkat menjadi 3,32 termasuk predikat sangat baik pada siklus II. Keterampilan proses siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 76,42 termasuk predikat C (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata klasikal 83,52 termasuk predikat B (baik). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media ULTARA dapat meningkatkan koneksi matematis dan meningkatkan keterampilan peneliti sebagai guru dalam mengajar sertameningkatkan keterampilan proses siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan. Disarankan dalam penerapan model pembelajaranTGT guru hendaknya memberikan bimbingan yang optimal untuk meningkatkan koneksi matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Media ULTARA, Pengukuran Sudut, Teams Games Tournament.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:16
Last Modified: 15 Sep 2020 05:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item