Penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada temalingkungan sahabat kita kelas v sdn 01 gabus pati

Rohmaniyah, Alfiyatur (2019) Penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada temalingkungan sahabat kita kelas v sdn 01 gabus pati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan menemukan peningkatan hasil belajar pada tema lingkungan sahabat kita muatan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SDN 01 Gabus. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melalui proses belajar. Think Pair Shareadalah suatu model pembelajaran yang inovatif yang memaksimalkan daya pola pikir.Media Flashcard adalah media pembelajaran sebuah kartu belajar yang efektif mempunyai dua sisi dengan salah satu sisi berisi soal dan sisi satunya jawaban. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 01 Gabus Pati dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Variabel terikat adalah hasil belajarsiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada pengetahuan meningkat dengan persentase ketuntasan prasiklus pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata 65,1 dengan persentase 27,77% ( Kurang).Pada siklus I meningkat menjadi 77,5 dengan persentase72% (Tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,6 dengan persentase 86,2%(Sangat Tinggi). Persentase ketuntasan prasiklus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pesentase rata-rata ketuntasan prasiklus 66,5 dengan persentase 30,55% (Kurang). Pada siklus I meningkat menjadi 78,5 dengan persentase75% (Tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 84,3 dengan persentase 91,7% (Sangat Tinggi). Hasil belajar keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS siklus I yaitu 570,5dengan persentase 66%. (Sedang) dan pada siklus II meningkat menjadi 722,5 dengan presentase 83,6% (Baik). Persentase ketuntasan keterampilan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan persentase rata-rata ketuntasan siklus I yaitu 570,5 dengan presentase 66% (Sedang) dan pada siklus II meningkat menjadi 722,5 dengan presentase 83,6% (Baik).Persentase keterampilan guru dalam mengelola pembelajaranmengalami peningkatan dari skor 171 dengan persentase 85,5% (Baik) pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 182 denan persentase 91% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD 01 Gabus dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan, dan hasil belajar keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S. Pd., M.A.
Kata Kunci: ModelThink Pair Share, Hasil Belajar IPS dan Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:29
Last Modified: 15 Sep 2020 05:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item