Penerapan model make a match berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema aku dan cita-citaku kelas iv sdn talun 02 pati

ARDYANINGSIH, FITRI (2020) Penerapan model make a match berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema aku dan cita-citaku kelas iv sdn talun 02 pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam subtema Aku dan Cita-Citaku melalui penerapan Model Make A Match dengan berbantuan Media Puzzle pada siswa Kelas IV SDN Talun 02 Pati. Hasil penelitian pada hasil belajar kompetensi pengetahuan siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata muatan Bahasa Indonesia sebesar 70,41, muatan IPS sebesar 75,68 dan rata-rata dari kedua muatan tersebut sebesar 73. Dari hasil evaluasi nilai KKM sebesar 65, maka muatan Bahasa Indonesia sebanyak 15 siswa dinyatakan tuntas dan 7 siswa tidak tuntas, dengan ketuntasan klasikal sebesar 68% dengan kualifikasi tinggi. Muatan IPS sebanyak 18 siswa dinyatakan tuntas dan 4 siswa tidak tuntas, dengan ketuntasan klasikal sebesar 82% dengan kualifikasi tinggi dan rata-rata kedua muatan sebanyak 16 siswa dinyatakan tuntas dan 6 siswa tidak tuntas, dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan kualifikasi tinggi. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari muatan Bahasa Indonesia sebesar 80,68, muatan IPS sebesar 81,59 dan rata-rata dari kedua muatan tersebut sebesar 81. Dari nilai KKM sebesar 65, maka muatan Bahasa Indonesia sebanyak 22 siswa dinyatakan dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan kualifikasi tinggi. Muatan IPS sebanyak 21 siswa dinyatakan tuntas dan 1 siswa tidak tuntas, dengan ketuntasan klasikal sebesar 95% dengan kualifikasi tinggi dan rata-rata kedua muatan sebanyak 21 siswa diperolehan ketuntasan klasikal rata-rata kedua muatan tersebut sebesar 97,72%, berarti sebanyak 1 siswa yang belum tuntas. Hasil observasi penilaian aspek keterampilan siswa pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata 69 dan mengalami peningkatan ketika siklus II menjadi 85, jadi dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa aspek keterampilan sudah mencapai indikator keberhasilan minimal sebesar 80 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Make A Match dengan berbantuan Media Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa subtema Aku dan Cita-Citaku di kelas Kelas IV SDN Talun 02 Pati . Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan Model Make A Match dengan berbantuan Media Puzzle sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd.,M.Pd. (2) Imaniar Purbasari, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Model Make A Match Media Puzzle, Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Aku dan Cita-Citaku Muatan Bahasa Indonesia dan IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jun 2021 00:01
Last Modified: 24 Jun 2021 00:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item