ROKHAYATI, ATUN (2021) Pengaruh model pembelajaran project based learning dan kuis interaktif berbasis whatsapp Terhadap hasil belajar ipa siswa sd kelas vi Kecamatan sayung. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (922kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (186kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (203kB) | Preview |
Text (Lmapiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA, 2) untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kuis interaktif berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar IPA, dan 3) untuk menemukan perbedaan pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dan pembelajaran kuis interaktif berbasis whatapp secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA siswa SD Kelas VI Kecamatan Sayung. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain eksperimen ini yaitu Nonequivalent Kontrol Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahtes.Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, uji N-gain dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan Simpulan Penelitian ini adalah (1). terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learningterhadap hasil belajar siswa dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel ( 19,986 > 0,05). Nilai Sig (2-tailed) sebesaar 00< 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kuis interaktifterhadap hasil belajar siswa dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan nilai t hitung > t tabel (19.986 > 2,086). sedangkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 00< 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) model pembelajaran project based learning lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan model kuis interaktifterhadap hasil belajar siswa dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan nilai t hitung > t tabel (2.550 > 2,086) Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,129 maka Nilai Sig. (2-tailed) 0,129 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, uji t untukinstrumen test hasilnya yaitu ada terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran project based learning dan kuis interaktif terhadap hasil belajar dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar.Pengaruh model pembelajaran project based learning dan kuis interaktif terhadap hasil belajar dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar terbukti. sehingga model pembelajajran project based learning lebih efektif dari model pembejaran kuis interaktif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (I) Dr. Sri Surachmi W, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Santoso, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pengaruh, Project Based Learning, Kuis Interaktif |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 20:16 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 20:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14506 |
Actions (login required)
View Item |