Pengaruh perhatian orang tua dalam pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa pada muatan matematika kelas v sd 2 karangrowo

SAPUTRO, KEVIN RANGGA JATI (2021) Pengaruh perhatian orang tua dalam pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa pada muatan matematika kelas v sd 2 karangrowo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
1. Hlm Judul.pdf - Accepted Version

Download (521kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (273kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran di sekolah, namun juga karena rangsangan dari lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar salah satunya yaitu keluarga terutama orang tua. Orang tua yang kurang atau tidak memperhatikan Pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya. Perhatian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang kuat dalam kegiatan belajar anak. Anak cenderung akan giat dan sungguh-sungguh dalam belajar karena merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kurang maksimalnya prestasi belajar yang dicapai siswa, diduga karena dipengaruhi oleh kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dalam pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa muatan matematika kelas V SD 2 karangrowo Perhatian adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan pemilihan rangsangan nilai yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Karangrowo Kudus dengan jumlah populasi sekaligus sebagai sampel 25 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini perhatian orang tua (X) dan variabel terikatnya (Y) adalah prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berupa angket kepada siswa untuk mengukur perhatian orang tua dan tes ulangan untuk mengukur prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis didapatkan nilai signikansi 0,000 dibandingkan dengan probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis nol (Ho) ditolak, Hipotesis Kerja (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh variabel perhatian orang tua dalam pembelajaran online terhadap variabel prestasi belajar siswa muatan matematika kelas V SD 2 Karangrowo di terima. Maka disimpulkan bahwa perhatian orang tua dalam pembelajaran online berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa muatan matematika kelas V SD 2 Karangrowo. Apabila orang tua memberikan perhatian yang maksimal pada siswa, maka siswa tersebut mampu untuk memperoleh prestasi belajar siswa secara maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Much. Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran di sekolah, namun juga karena rangsangan dari lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar salah satunya yaitu keluarga terutama orang tua. Orang tua yang kurang atau tidak memperhatikan Pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya. Perhatian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang kuat dalam kegiatan belajar anak. Anak cenderung akan giat dan sungguh-sungguh dalam belajar karena merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kurang maksimalnya prestasi belajar yang dicapai siswa, diduga karena dipengaruhi oleh kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dalam pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa muatan matematika kelas V SD 2 karangrowo Perhatian adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan pemilihan rangsangan nilai yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Karangrowo Kudus dengan jumlah populasi sekaligus sebagai sampel 25 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini perhatian orang tua (X) dan variabel terikatnya (Y) adalah prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berupa angket kepada siswa untuk mengukur perhatian orang tua dan tes ulangan untuk mengukur prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis didapatkan nilai signikansi 0,000 dibandingkan dengan probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis nol (Ho) ditolak, Hipotesis Kerja (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh variabel perhatian orang tua dalam pembelajaran online terhadap variabel prestasi belajar siswa muatan matematika kelas V SD 2 Karangrowo di terima. Maka disimpulkan bahwa perhatian orang tua dalam pembelajaran online berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa muatan matematika kelas V SD 2 Karangrowo. Apabila orang tua memberikan perhatian yang maksimal pada siswa, maka siswa tersebut mampu untuk memperoleh prestasi belajar siswa secara maksimal.
Subjects: Teknologi > Teknik elektro, Teknik Nukllir
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Oct 2021 20:51
Last Modified: 10 Oct 2021 20:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15376

Actions (login required)

View Item View Item